Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Gabungan Polisi dan TNI Sita 30 Balon Udara di Ponorogo

Kompas.com - 17/06/2018, 15:40 WIB
Muhlis Al Alawi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PONOROGO, KOMPAS.com - Tim gabungan menyita 30 buah balon udara tanpa awak pada H+2 Lebaran di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (17/6/2018). Tiga puluh balon udara itu disita dari empat wilayah di Ponorogo.

"Ada tiga puluh balon yang diamankan tim gabungan di empat wilayah Kabupaten Ponorogo. Tiga puluh balon itu diamankan saat hendak diterbangkan warga pada Lebaran ketiga," ujar Kasubag Humas Polres Ponorogo AKP Sudarmanto, saat dihubungi Kompas.com, Minggu siang.

Baca juga: Ada 20 Laporan Gangguan Balon Udara, AirNav Beberkan Bahayanya bagi Penerbangan

Sudarmanto menyatakan, sebanyak 135 personil diterjunkan untuk menertibkan penerbangan balon tanpa awak di Kabupaten Ponorogo.

Tim gabungan yang terdiri dari aparat Polres Ponorogo, Kodim Ponorogo, dan Polisi Milter Lanud Iswahjudi itu melakukan penertiban dari empat arah, barat, timur, utara dan selatan.

Hasilnya, di wilayah barat, tim mengamankan sepuluh balon udara yang belum sempat diterbangkan. Sementara dari zona timur diamankan sebanyak 10 balon udara.

Baca juga: Gelar Patroli, TNI AU Amankan Balon Udara dari Beberapa Lokasi

Di zona selatan tim mengamankan enam balon udara dan di zona utara empat balon udara. Tiga puluh balon udara yang disita diamankan di Mapolres Ponorogo. 

Sebelumnya, AirNav Indonesia Cabang Yogyakarta mengumumkan adanya 20 laporan dari pilot pesawat soal gangguan balon udara di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Balon udara yang diterbangkan tanpa mengikuti ketentuan dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Kompas TV Airnav menyatakan, balon udara bisa membahayakan penerbangan, jika masuk ke dalam mesin pesawat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com