Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Calon Gubernur Favorit Pilihan Generasi Milenial Versi Instrat

Kompas.com - 20/05/2018, 16:17 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Lembaga Survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) menemukan fakta baru pada ajang Pilkada Jawa Bara 2018.

Ternyata, calon gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menjadi calon gubernur favorit pilihan generasi nilenial dan generasi Z berdasar survei terbaru yang dilakukan Instrat.

Dewan Pakar Instrat Sidrotun Naim mengatakan, survei yang dilakukan lembaganya menunjukkan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) hanya akan dipilih oleh 34,5 persen responden generasi milenial.

"Di luar perkiraan banyak orang, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dapat mengimbangi pasangan ini dengan keterpilihan 35,2 persen (generasi milenial),” kata Naim dalam siaran pers yang diterima Kompas.com di Bandung, Sabtu (19/5/2018).

Dua pasangan lain, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) dipilih oleh 4,1 persen generasi milenial, dan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asik) dipilih 7,9 persen.

Baca juga: Dedi Mulyadi: Generasi Milenial Itu Justru Paham Pentingnya Lingkungan

Selain itu, di kalangan generasi Z pasangan Deddy-Dedi juga mendominasi keterpilihan, yakni sebesar 48,2 persen. Sedangkan pasangan Rindu dipilih oleh 24,7 persen.

Lalu pasangan Hasanah dipilih sebesar 3,5 persen dan pasangan Asyik dipilih oleh 7,6 persen generasi Z.

Sidrotun mengatakan, istilah generasi milenial yang digunakan, mengacu pada mereka yang lahir pada rentang tahun 1980-1994.

Sedangkan generasi Z mengacu pada genarasi saat penetrasi internet sudah eksis --khususnya di Indonesia--, maka digunakan dari rentang tahun 1995-2001. Sebagian dari mereka yang lahir tahun 2001 sudah bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Jabar 2018 lantaran sudah berusia 17 tahun.

Baca juga: Hasanudin Bakal Bangun Tempat Kreatif bagi Generasi Milenial

Sidrotun menambahkan, dari 1.800 responden yang disurvei, 41,6 persennya termasuk dalam generasi milenial dan 4,6 persen lainnya termasuk dalam generasi Z.

Naim berkesimpulan bahwa pilihan generasi milenial dan generasi Z tidak ekslusif dan terkonsentrasi pada pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Kompas TV Salah satu topik yang dipaparkan kandidat dalam debat adalah soal pemberantasan korupsi di Jawa Barat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com