Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Sungai Lariang Jebol, Warga Dusun Kalindu Terancam Tenggelam

Kompas.com - 04/05/2018, 14:23 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PASANGKAYU, KOMPAS.com – Tanggul sungai Lariang di Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, jebol pada Rabu (2/5/2018). 

Jebolnya tanggul sungai Lariang sepanjang 50 meter di Dusun Kalindu, Desa Lariang, membuat aliran sungai Lariang terbelah menjadi dua muara sungai.

Akibatnya, ribuan hektar kawasan perkebunan sawit terendam banjir tampak jadi pulau. Sementara pemukiman warga di kawasan daerah aliran sungai Lariang terancam tengelam. 

Pemukiman warga bisa tenggelam jika debit air di sepanjang muara sungai yang bermuara dari wilayah Palu, Sulawesi Tenggara, tersebut meluap, terutama saat hujan deras.

Jamuddin, warga Dusun Kalindu, mengaku khawatir setiap hujan turun di sepanjang muara sungai Lariang, terutama di bagian hulu. Sebab pada bagian hulu kerap mengirimkan banjir luapan di hilir.

Baca juga : Sekolahnya Kebanjiran, Murid SD Lariang Gelar UAS di Masjid

Jamuddin tetap bertahan di rumahnya dengan alasan menjaga harta benda mereka. Menurut Jamuddin, warga Dusun Kalindu selalu melakukan ronda setiap malam untuk memantau luapan sungai Lariang.

"Jika lupan sungai Lariang makin bertambah bisa menggelamkan kampung,” jelasnya, Jumat (4/5/2018).

Ridwan, ketua RT di Dusun Kalindu berharap, tanggul sepanjang 50 meter yang jebol bisa segera dibenahi pemerintah. 

Menurt Ridwan, beberapa jalan tani yang menghubungkan dusun dan kawasan perkebunan sudah terputus. Ribuan hektar lahan sawit yang jadi tumpuan hidup warga Dusun Kalindu hilang disapu derasnya luapan banjir sungai Lariang.

Kompas TV Jalan Kesatriaan X di Berlan, Matraman, Jakarta Timur ditutup. Ruas jalan mengalami keretakan. Tanggul di sekitarnya juga roboh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com