Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Enam Gerbong LRT Tiba di Palembang

Kompas.com - 11/04/2018, 16:05 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak enam gerbong Light Rail Transit (LRT) yang dikirimkan PT INKA Madiun, Jawa Timur, telah tiba di Pelabuhan Boombaru, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (11/4/2018).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memperkirakan enam gerbong kereta LRT itu tiba pada Jumat (13/4/2018). Namun, ternyata kedatangan rel kereta lebih cepat dari yang diperkirakan.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar mengatakan, setelah kedatangan rel kereta, petugas PT INKA Madiun akan melakukan pengecekan terlebih dahulu mulai dari fisik kereta hingga fasilitas yang ada di dalam.

"Ini barang baru (LRT) di Indonesia, kita perlu persiapan sebelum diuji coba. Jelas nanti akan dicek kelengkapan fasilitas dan fisik, sebelum diuji coba," kata Nasrun saat meninjau kedatangan gerbong LRT di pelabuhan Boombaru, Palembang.

Namun, jadwal uji coba LRT yang diperkirakan pada 18 April nanti, terpaksa molor hingga 20 April 2018 mendatang.

Baca juga : LRT Palembang Siap Diluncurkan 18 April

Mundurnya jadwal uji coba tersebut karena membutuhkan waktu untuk perakitan gerbong kereta serta kedatangan Menteri Perhubungan (Menhub).

"Kita butuh persiapan, memang sedikit mundur dari jadwal. Karena Menhub akan datang ke Palembang. Untuk 18 gerbong lagi, diperkirakan datang sebelum Mei," jelas Nasrun.

Baca juga : Moeldoko Pastikan Kereta LRT Palembang Siap untuk Asian Games 2018

Dalam pembuatan kereta LRT sendiri, menurut Nasrun, dikerjakan oleh warga Indonesia. Bahkan, beberapa pekerja melibatkan masyarakat Sumatera Selatan dalam pembuatan gerbong LRT.

"Ini murni buatan anak negeri, warga Sumsel juga ada. Kita harus bangga dengan karya bangsa sendiri," ujarnya.

Kompas TV Proses pembangunan venue skateboard ini ditargetkan selesai pada pertengahan tahun nanti.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com