LRT Palembang Siap Diluncurkan 18 April

Kompas.com - 06/04/2018, 20:13 WIB
Sekda Pemprov Sumsel Nasrun Umar saat memimpin rapat mengenai peluncuran LRT Palembang, Jumat (6/4/2018). KOMPAS.com/ AJI YK PUTRASekda Pemprov Sumsel Nasrun Umar saat memimpin rapat mengenai peluncuran LRT Palembang, Jumat (6/4/2018).

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, dijadwalkan diluncurkan pada Jumat (18/4/2018).

Saat ini, kereta buatan PT INKA itu telah berada di Madiun dan diperkirakan sampai ke pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Sabtu (7/4/2018) pagi besok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar mengatakan, setelah tiba di pelabuhan Tanjung Periok, kereta LRT yang dikirim sebanyak enam gerbong itu langsung diberangkatkan ke Palembang.

"Diperkirakan 13 April sudah di pelabuhan Boom Baru Palembang dan akan di-launching pada 18 April," kata Nasrun, Jumat (6/4/2018).


Pada tahap pertama, gerbong LRT akan lebih dulu dilakukan pengecekan sesuai spesifikasi. Selanjutnya, pengujian instrumen di dalam kereta. Uji coba pun nantinya dilakukan di zona lima Jakabaring dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Hanya diuji coba dua zona dulu. Karena sarana pendukung seperti listrik dan sinyal sudah siap, begitu juga di bandara," ujar Suranto, pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Palembang.

Baca juga : Moeldoko Pastikan Kereta LRT Palembang Siap untuk Asian Games 2018

Fasilitas di dalam kereta sendiri dilengkapi dengan air conditioner (AC) untuk kenyamanan para penumpang. Selain itu, CCTV serta Wifi gratis juga dipasang di dalam kereta.

Suranto mengungkapkan, progres pengerjaan LRT Palembang pun telah mencapai 87 persen. Pengerjaannya tinggal memasang tempat pemindahan jalur sebanyak enam unit.

"Tujuh sudah terpasang. Pada Juni dijadwalkan sudah selesai dan dapat beroperasi," kata Suranto.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan, Palembang Pensiunkan Bus Tua

Kompas TV Hasilnya satu di antara tiga anggota tersebut tidak ikut dalam pungutan liar dan dua anggota satlantas lainnya yang diduga kuat melakukan pungli.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X