Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasanudin: Melalui Program "Jabar Seubeuh", Saya Ingin Petani Untung

Kompas.com - 21/03/2018, 23:17 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Tubagus Hasanudin mengatakan, menurut data Kementerian Pertanian pada tahun 2017, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah dengan produksi padi terbesar di Indonesia.

Namun demikian, menurut dia, kesejahteraan para petani Jawa Barat masih belum merata, bahkan sebagian besar berada di bawah garis kemiskinan.

Pria yang akrab disapa Kang Hasan ini menambahkan, banyaknya petani yang hidup di bawah garis kemiskinan karena kurangnya perhatian pemerintah terhadap petani dan tidak stabilnya harga beras di pasaran.

Untuk itu, Kang Hasan bersama calon Wakil Gubernur Jawa Barat Anton Charliyan menggulirkan program "Jabar Seubeuh" yang diyakini bakal menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Jawa Barat.

"Melalui program Jabar Seubeuh, saya ingin agar petani untung dan harga beras tetap stabil sehingga masyarakat bisa sejahtera," kata Hasan melalui rilis yang diterima Kompas.com saat mengunjungi Kampung Cibatu Sanding, Desa Munjul, Kecamatan Pagedan Barat, Kabupaten Subang, Rabu (21/3/2018).

Baca juga : Hasanah Janji Pertahankan Jawa Barat Sebagai Lumbung Padi

Program Jabar Seubeuh, kata Hasan, nantinya akan menyubsidi para petani mulai dari pupuk, sarana pertanian hingga bibit tani.

Selain itu, program Jabar Seubeuh juga akan menjadi solusi bagi kestabilan harga pangan yang berkeadilan baik bagi petani maupun konsumen dengan cara memangkas para spekulan.

"Pemerintah harus mengatur bagaimana caranya harga beras terjangkau oleh seluruh masyarakat tanpa harus merugikan petani dan itu semua bisa kita lakukan," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat yang juga Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pagedan Barat, Kiai Oop Fahruroji mengungkapkan, pasangan yang dikenal dengan sebutan "Hasanah" itu dikatakannya sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk memimpin Jawa Barat, yakni nyantri, nyunda, dan nyakola. Hal tersebut dapat dilihat dari program-program yang digulirkan, sesuai dengan keadaan masyarakat Jawa Barat.

"Kang Hasan Insya Allah merakyat dan sayang terhadap rakyatnya, apalagi program yang beliau gulirkan sangat dekat dengan masyarakat Jawa Barat," katanya.

Baca juga : Pasangan Hasanah Optimistis Tekan Angka Pengangguran di Jabar Lewat Dua Program Ini

Dalam kesempatan tersebut, Hasan juga memaparkan 7 program unggulan yang akan digulirkan dalam membangun masyarakat dan daerah Jawa Barat, yakni Boga Gawe, Jabar Sebeuh, Jabar Cageur, Imah Rempeg, Sakola Gratis, Turkamling dan Budaya serta program untuk pengawasan kinerja aparatur negara, yaitu molotot.com.

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com