Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hasanah" Janji Pertahankan Jawa Barat Sebagai Lumbung Padi

Kompas.com - 20/03/2018, 22:59 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, TB Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah) berjanji akan mempertahankan gelar Jawa Barat sebagai lumbung padi nasional jika terpilih menjadi pemimpin Jawa Barat dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan Anton Charliyan atau yang akrab disapa Kang Anton seusai mengunjungi tempat pengelolaan padi di kampung Cirando, Desa Sukajadi, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (19/3/2018) kemarin.

“Saya dan Kang Hasan akan mempertahankan Jawa Barat sebagai lumbung padi dan memberikan kesejahteraan untuk petani," kata Anton di Bandung, Selasa (20/3/2018).

Anton mengatakan, misi menjadikan Jawa Barat sebagai lumbung padi nasional masuk ke program "Jabar Sebeuh" yang diusung oleh duo jenderal tersebut. Jabar Seubeuh merupakan program untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Jabar.

Baca juga : Pasangan Hasanah Optimistis Tekan Angka Pengangguran di Jabar Lewat Dua Program Ini

Dalam program "Jabar Seubeuh", kata Anton, langkah pertama yang akan diambil oleh pasangan ini adalah memperbaiki irigasi sebagai sarana pendukung terhadap pasokan air di daerah pertanian. Kemudian, langkah berikutnya adalah memberikan subsidi pupuk hingga memberikan sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis.

"Sehingga kita bisa menjaga harga pangan yang berkeadilan antara petani dan konsumen dengan memotong para spekulator," imbuhnya.

Baca juga : Hasanah Optimistis Program DP Rumah Satu Persen Bisa Diwujudkan

Anton menambahkan, ke depan pasangan Hasanah juga akan menyediakan program pinjaman modal tanpa agunan untuk petani dan nelayan melalui BUMD, Bumdes dan kelompok tani.

“Modal ini diberikan demi meningkatkan pendapatan petani yang bisa memproduksi produk turunan dari hasil taninya, sehingga bisa memberikan perlindungan yang baik kepada petani dan nelayan yang berbasis ekspor," katanya.

Kompas TV Salah satu topik yang dipaparkan kandidat dalam debat adalah soal pemberantasan korupsi di Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com