Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Hasanah Optimistis Tekan Angka Pengangguran di Jabar Lewat Dua Program Ini

Kompas.com - 19/03/2018, 21:19 WIB
Putra Prima Perdana,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 3, TB Hasanuddin dan Anton Charliyan (Hasanah), berjanji akan menekan angka pengangguran di Jawa Barat yang terbilang cukup tinggi.

“Jumlah pengangguran di Jawa Barat sekarang mencapai 8,89 persen dari 46 juta penduduk Jawa Barat,” kata TB Hasanuddin atau yang akrab disapa Kang Hasan, di Bandung, Senin (19/3/2018).

Salah satu program pasangan Hasanah untuk menekan angka pengangguran di Jawa Barat adalah dengan cara membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya dengan mengedepankan potensi kewilayahan melalui program Boga Gawe.

“Saya berkehendak, setelah masa jabatan lima tahun, yang sekarang jumlah pengangguran 8,89 kita pangkas hanya 5 persen,” tuturnya.

Baca juga: Hasanah Optimistis Program DP Rumah Satu Persen Bisa Diwujudkan

Hasan mengatakan, meski tidak bisa menghapus sepenuhnya angka pengangguran, untuk mencapai angka 5 persen bukanlah perkara mudah.

“Ini bukan pekerjaan enteng, tapi kami tetap optimistis,” jelasnya.

Hasan menambahkan, program Boga Gawe akan disinergikan dengan program Jabar Sebeuh. Program ini mengedepankan peningkatan ekonomi melalui sektor pertanian dan perikanan.

Diharapkan pengelolaan hasil bumi Jawa Barat menjadi pendapatan daerah sekaligus pasokan bahan pangan untuk seluruh masyarakat Jawa Barat.

“Kita ingin meninggikan kehidupan ekonomi pertanian, perikanan Jawa Barat menjadi sumber pangan, ikan, dan sayuran, baik untuk Jawa Barat maupun tingkat nasional, bahkan internasional. Kalau perlu kita ekspor ke ASEAN,” ucapnya. 

Baca juga: Awasi Kinerja PNS, Pasangan Hasanah Bakal Bikin Situs Molotot.com

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com