Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagub Sutarmidji “Blusukan” ke Pedalaman Kalbar, Infrastruktur Jadi Salah Satu Masalah

Kompas.com - 16/03/2018, 10:05 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pasangan cagub dan cawagub Kalimantan Barat, Sutarmidji - Ria Norsan, melakukan rangkaian safari kampanye dialogis selama delapan hari.

Kampanye itu dilakukan di sejumlah desa dan kecamatan di dua kabupaten yang letaknya jauh di pedalaman, yaitu di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi.

Dalam safari kampanye dialogis tersebut, sejumlah isu yang masuk program mencuat saat sesi dialog Sutarmidji - Ria Norsan dengan warga, di antaranya masalah infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Mulai dari rencana pemekaran Provinsi Kapuas Raya, masalah pembangunan infrastruktur jalan, jaringan listrik dan internet, hingga sejumlah infrastruktur lainnya, seperti sekolah dan rumah ibadah.

"Kampanye dialogis ke pedalaman ini dilakukan agar bisa mengetahui aspirasi masyarakat serta kondisi daerah yang dikunjunginya dan hampir 80 kecamatan yang berada di pelosok sudah kami kunjungi," ujar Sutarmidji, Jumat (16/3/2018).

Baca juga: Pilkada Kalbar 2018 Jadi Ajang Naik Jabatan bagi Para Paslon

Dalam rangkaian kampanye itu, Sutarmidji juga meminta kepada masyarakat agar tidak mudah terpecah belah dengan adanya isu negatif selama masa pilkada.

"Kami hadir untuk semua etnis, golongan, dan agama. Jargon kami, 'Kalbar untuk Semua'. Ini maknanya kami diterima semua etnis ketika melakukan kampanye di daerah," ucapnya.

Selama melakukan kampanye dialogis, Sutarmidji mengakui hal yang paling banyak dikeluhkan masyarakat daerah pelosok adalah buruknya infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, serta akses internet yang belum tersedia.

"Fokus kami adalah memperbaiki infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Karena ketiga hal tersebut sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat," tutur cagub dengan nomor urut tiga itu.

Baca juga: Cagub Sutarmidji Jamin Keberadaan Pertambangan Emas Rakyat di Kalbar

Kompas TV Pilkada Serentak 2018 diramaikan dengan hadirnya para kandidat yang tergolong muda usia. Mereka tak gentar bersaing menjadi gubernur dan wakil gubernur.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com