Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagub Sutarmidji Jamin Keberadaan Pertambangan Emas Rakyat di Kalbar

Kompas.com - 10/03/2018, 20:39 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Calon Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memastikan akan mengatasi permasalahan pertambangan emas tanpa izin (Peti) yang terjadi di berbagai wilayah di Kalimantan Barat.

Menurut mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini, sengketa lahan pertambangan emas menjadi permasalahan serius di Kalimantan Barat.

"Banyak konflik yang terjadi antara polisi dengan masyarakat terkait pertambangan emas tanpa izin," ujar Sutarmidji dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (10/3/2018).

"Seharusnya hal ini tidak terjadi mengingat undang-undang telah mengatur terkait wilayah pertambangan rakyat," sambungnya.

Sutarmidji yang maju dalam kontestasi Pilkada Kalbar dengan nomor urut tiga ini juga menjelaskan bahwa dirinya akan mengatasi masalah pertambangan emas tanpa izin di Kalimantan Barat.

Baca juga : Didampingi Pendukung, 3 Paslon Cabut Nomor Peserta Pilkada Kalbar

Selama ini, pertambangan emas ilegal karena hak dari masyarakat yang belum diberikan sepenuhnya. Pertambangan emas tanpa izin ini, sebut Sutarmidji, terjadi karena hak dari masyarakat belum sepenuhnya diberikan.

"Di undang-undang sudah diatur hal tersebut. Kita harus berikan hak masyarakat agar tidak ada lagi pertambangan emas tanpa izin," jelas Sutarmidji.

Wilayah pertambangan rakyat tersebut mestinya harus dikelola dengan baik. Terlebih, manajemen lahan di Kalimantan Barat bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Harus ada manajemen lahan di Kalimantan Barat untuk rakyat. Harus diatur dan dikelola mana yang lahan untuk rakyat. Semua kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat ke depannya," katanya.

Baca juga : Tiga Pasang Calon Siap Bertarung di Pilkada Kalbar

Sutarmidji menjamin bahwa dirinya akan memberikan hak rakyat sesuai dengan undang-undang tentang penetapan wilayah pertambangan emas tanpa izin.

"Jika terpilih menjadi Gubernur Kalbar, saya jamin masyarakat mendapatkan haknya terkait lahan pertambangan, sesuai dengan undang-undang yang mengatur penetapan wilayah pertambangan emas tanpa izin," janjinya kepada ribuan orang di Lapangan Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang dalam rangkaian safari kampanye di wilayah tersebut.

Sutarmidji yang berpasangan dengan Ria Norsan akan bertarung bersama dua pasang kandidat lainnya, yaitu pasangan Milton-Boynan dan pasangan Karolin-Gidot.

Kompas TV PDI Perjuangan Minggu (7/1) siang mengumumkan lima pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com