Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musisi Jalanan Setia Kawal Khofifah Sambangi Calon Pemilih

Kompas.com - 02/03/2018, 11:12 WIB
Hamzah Arfah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Sayup-sayup terdengar iringan musik melantun dari lima orang musisi, saat Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Gresik, Kamis (1/3/2018).

Selain lantunan shalawat yang dikemas apik melalui musik, terdengar lagu yang merupakan yel-yel pemenangan Khofifah-Emil Dardak dalam Pilkada Jatim 2018.

“Kami memang dikontrak selama empat bulan. Sejak penetapan nomor urut kemarin, kami sekarang selalu ikut di mana pun Bunda (Khofifah) kunjungan ke setiap daerah. Sekarang Gresik, kemarin Pasuruan, Surabaya, Malang, dan beberapa kota lain,” ujar Anca Maulana, pimpinan grup.

Selain Anca, grup yang dinamai Musisi Jalanan (MJ) tersebut juga beranggotakan Samsul, Yanto, Rohmad, Widodo, dan Mulyono. Namun, nama terakhir yang disebut berhalangan mengikuti agenda ke Gresik lantaran sakit.

(Baca juga : Laporan Dana Awal Kampanye, Gus Ipul Rp 1,7 Miliar dan Khofifah Rp 200 Juta )

“Sebenarnya kami ada enam orang, yang semua adalah pengamen jalanan sehari-harinya. Tapi Mulyono nggak bisa ikut hari ini karena sedang sakit, ya nggak apa-apa kami saling melengkapi aja,” tuturnya.

Untuk keseharian, mereka biasa mengamen di wilayah pemukiman yang ada di Surabaya, terutama di area Terminal Joyoboyo. Sama seperti saat mendampingi Khofifah, mereka mengamen dalam satu formasi grup.

“Lebih sering sih di Terminal Joyoboyo. Kita sudah terbiasa satu, makanya kalau ada yang berhalangan atau sakit, bakal ditutupi oleh yang lain,” sahut Yanto.

Penampilan grup Musisi Jalanan (MJ) saat peresmian Posko Pemenangan Khofifah-Emil di Gresik.KOMPAS.com/Hamzah Penampilan grup Musisi Jalanan (MJ) saat peresmian Posko Pemenangan Khofifah-Emil di Gresik.

Ikuti Khofifah

Rupanya kebersamaan MJ dengan Khofifah sudah terjalin sejak lama. Tepatnya saat Khofifah pertama kali maju mengikuti Pilkada Jatim 2008.

“Pertama kali ketemu dengan Bunda saat acara pengajian di Jambangan, Surabaya. Sudah sejak itu kami disuruh bantu, dan pertama kali ya saat Bunda maju pertama kali di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2008 lalu,” kenang Anca.

(Baca juga : Ke Makam Bung Karno, Khofifah Bilang Pilih Calon Gubernur, Bukan Kakeknya )

Sejak saat itu, Anca dan kawan-kawan selalu dilibatkan ketika Khofifah maju dalam Pilkada Jatim. Baik pada saat periode 2008, 2013, dan 2018. Mereka dengan setia selalu mendampingi Khofifah berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Timur.

“Ini kan sifatnya kontrak mas, jadi kalau nanti kontrak sudah selesai ya kembali ke rutinitas seperti biasa, ngamen keliling lagi, ngamen di terminal lagi,” tutur Samsul.

Kehadiran Anca dan kawan-kawan memang sempat mengundang perhatian warga yang dikunjungi maupun tim pemenangan serta relawan Khofifah-Emil. Mereka mengaku terhibur dengan penampilan MJ.

“Malah kelihatan ramai, musiknya juga enak didengar. Apalagi saat melantunkan shalawat dengan iringan musik, bagus,” ujar salah seorang relawan yang hadir dalam peresmian posko pemenangan Khofifah-Emil di Jalan Raya Veteran, Gresik.

Kompas TV Cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadapi keluhan para guru soal rumitnya proses sertifikasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com