Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Makam Bung Karno, Khofifah Bilang "Pilih Calon Gubernur, Bukan Kakeknya"

Kompas.com - 21/02/2018, 21:09 WIB
Caroline Damanik

Editor

BLITAR, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berziarah ke ke Makam Bung Karno dalam lawatan politiknya di Kabupaten dan Kota Blitar, Rabu (21/2/2018).

Khofifah tiba sekitar pukul 13.00 WIB dan langsung disambut oleh juru kunci.

Khofifah sendiri tampak khusyuk selama memanjatkan doa. Dia juga membawa sekeranjang bunga mawar berwarna merah dan putih lalu menatanya di pusara Bung Karno.

Saat memimpin doa, Khofifah juga tampak bermunajat.

"Ini rangkaian kunjungan ke Blitar, ini titik yang ke enam. Saya relatif sering ke sini, biasanya kalau ke Blitar saya akan ziarah ke makam Bung Karno, beliau adalah pahlawan proklamator dan pahlawan nasional," kata Khofifah.

(Baca juga: Video Lama PKB Dukung Khofifah Beredar, Cak Imin Geram)

Saat ditanya tentang tanggapannya berziarah ke makam kakek dari rivalnya, Puti Soekarno, Khofifah menilai hal itu sah saja.

"Enggaklah, beliau (Bung Karno) adalah pahlawan nasional dan proklamator. Beliau (Puti) cucunya memang iya. Secara nasabiyah iya. Tapi kita di sini kan memilih calon gubernur, bukan memilih kakaknya, kakeknya, atau buyutnya. Saya kira clear itu," ungkap Khofifah.

"Saya kira clear itu yang terdaftar di KPU kan nama calonnya. CV-nya yang didaftarkan adalah CV calon, bukan kakek buyutnya. Aturan dari KPU sudah begitu," lanjut dia.

(Baca juga: Kisahnya Viral, Bocah yang Merawat Sang Ibu Seorang Diri Kini Bahagia...)

Seusai berdoa dan menabur bunga, Khofifah menyempatkan diri untuk berbelanja dan menyapa para pelaku UKM dan juga warga yang ada di sekitar makam Bung Karno.

Dalam kunjungan ini, Khofifah didampingi oleh perwakilan partai pengusung, yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Rabu (21/2/2018), dengan judul: Ziarah ke Makam Bung Karno, Khofifah, Ini Komentarnya Terkait Cucunya yang Jadi Rival

 

 

 

Kompas TV Mensos memastikan tidak ada kendala dalam penanganan bencana Gunung Sinabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com