Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Lama PKB Dukung Khofifah Beredar, Cak Imin Geram

Kompas.com - 16/02/2018, 18:33 WIB
Achmad Faizal,
Bayu Galih

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar geram atas menyebarnya video lama saat dia mendukung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2014.

Sebab, saat ini PKB bersama PDI-P memberikan dukungan kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno.

Video yang beredar luas di media sosial dan grup WhatsApp selama beberapa pekan terakhir, menurut pria yang akrab disapa Cak Imin, membuat akar rumput bingung akan dukungan PKB pada Pilkada Jatim 2018.

"Padahal itu video lama. Pada 2014 memang PKB menjadi pengusung utama Khofifah untuk cagub Jatim," kata Cak Imin, usai konsolidasi PKB se-Jatim di Surabaya, Jumat (16/2/2018).

(Baca juga: Makna Nomor Urut Bagi Gus Ipul dan Khofifah)

Menurut Cak Imin, berdasarkan hasil penelusuran tim PKB di Banyuwangi, Jawa Timur, video itu diduga disebar oleh tim pemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak yang merupakan pesaing utama pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno.

Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan dari tim pemenangan Khofifah-Emil Dardak.

Saat ini, tim PKB juga sedang mengumpulkan barang bukti untuk menyusun laporan.

"Saat ini sedang dibahas akan dilaporkan ke polisi atau Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu," ujar Cak Imin.

PKB saat ini juga sedang membuat video klarifikasi dan bantahan atas beredarnya video tersebut. Video klarifikasi dibuat agar calon pemilih tidak semakin resah dan bingung.

"Ini namanya kampanye manipulatif. Sama dengan kampanye hitam," tuturnya.

Menurut Cak Imin, sikap PKB dalam Pilkada Jatim 2018 sudah jelas, yaitu mendukung Gus Ipul-Puti Soekarno. Bahkan, kata dia, PKB adalah partai pertama yang memberikan dukungan kepada Gus Ipul.

Kompas TV Suhu politik Jawa Timur memanas jelang masa pendaftaran cagub dan cawagub Pilkada Jatim.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com