Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gresik, Gus Ipul Audiensi dengan Nelayan dan Kunjungi Makam Sunan Giri

Kompas.com - 16/02/2018, 16:36 WIB
Hamzah Arfah,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Salah satu calon yang bakal maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) 2018, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, kembali mengunjungi Gresik, Jumat (16/2/2018).

Ada sejumlah agenda dalam kunjungan ini, mulai dari bertemu dengan nelayan Gresik di Balai Keling, Desa Kroman, Kecamatan Gresik Kota, Gresik, hingga berziarah dan menunaikan shalat Jumat di kompleks pemakaman Sunan Giri, yang merupakan salah satu Wali Songo.

Saat bertemu dengan para nelayan, Gus Ipul sempat melakukan audiensi terkait nasib para nelayan dan tantangan yang dihadapi, termasuk sejauh mana kesejahteraan yang telah mereka rasakan sejauh ini.

“Setiap nelayan punya tantangan sendiri, di setiap daerah mana dia beroperasi. Di Gresik sendiri ada daerah Manyar, Ujungpangkah, juga daerah lain, dengan tantangan berbeda-beda dan tangkapan ikan yang berbeda pula,” tutur Gus Ipul, Jumat (16/2/2018).

“Tapi intinya sama, mereka mengeluhkan mengenai lalu lintas laut yang belum rapi antara satu nelayan dengan nelayan lain, nelayan dengan kapal besar dengan nelayan kapal kecil, belum lagi parkirnya kapal-kapal besar di berbagai tempat, yang menurut mereka mengganggu penghasilan mereka. Mengganggu lalu lintas umumnya di sini,” lanjut dia.

Baca juga: Kampanye Hari Pertama, Gus Ipul Kunjungi Pelaku UMKM

Selain itu, kata Gus Ipul, nelayan yang menghadiri acara tersebut juga sempat curhat mengenai kondisi kesejahteraan mereka lantaran tangkapan ikan terus merosot dibanding dengan sebelumnya.

“Masalah penghasilan, secara umum bagus, tapi cuma ada penurunan sebab ikan makin jarang. Saya sampaikan kepada mereka, ya harus berpikir lebih inovatif karena tangkapan ikan di pantura (pantai utara) ini terus menurun, sementara jumlah nelayan cukup besar,” ucap dia.

Seusai bertemu dengan para nelayan di Balai Keling, Gus Ipul yang hadir tanpa didampingi oleh Puti Guntur Soekarno yang berpasangan dengannya dalam Pilkada Jatim kali ini langsung melanjutkan perjalanan menuju kompleks pemakaman Sunan Giri guna berziarah dan sekaligus menunaikan shalat Jumat.

Baca juga: Dilepas Tukang Kebun dan Pegawai Dapur, Gus Ipul Tinggalkan Rumah Dinas Wagub Jatim

Kompas TV Gus Ipul mendatangi asosiasi UMKM Samudera Indonesia di Jalan Cengger Ayam, Kota Malang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com