Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Dukono Semburkan Asap Tebal Setinggi 800 Meter

Kompas.com - 28/02/2018, 10:49 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Gunung Api Dukono yang terletak di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara kembali menyemburkan asap tebal berwarna putih kelabu, Rabu (28/2/2018), pagi.

Petugas Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunong Dukono, Iwan Amat menyebutkan, asap tebal itu mengarah ke utara dengan ketinggian mencapai 800 meter. Hingga kini, status gunung tersebut masih waspada.

“Aktivitasnya masih seperti biasa, belum ada peningkatan. Justru kegempaan menurun, hanya tercatat tremor yang terus menerus,” tutur Iwan.

Peningkatan asap tebal ini, sambung dia, diperkirakan karena adanya hujan lebat di puncak gunung sehingga menyebabkan material halus masuk ke dalam kawah. “Material halus yang masuk tadi kemudian dikeluarkan lagi,” ujarnya.

(Baca juga : Gunung Dukono Semburkan Abu Setinggi 1.000 Meter )

Kepada pendaki gunung maupun masyarakat masih dilarang mendekati kawah gunung hingga radius 200 meter. 

Kompas TV Hingga saat Gunung Api Sinabung masih berstatus awas level empat, warga diimbau untuk tidak beraktivitas di zona merah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com