Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surakarta Jamin Hak Bersepeda Warganya di Jalan Raya

Kompas.com - 25/02/2018, 16:21 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surakarta telah menjamin hak bersepeda terhadap warganya di jalan raya. Hak bersepeda di jalan raya telah diatur dalam Pasal 62 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Dalam Pasal 62 mengenai hak mendapatkan fasilitas pendukung keselamatan di jalan raya dan Pasal 106 mengenai kewajiban pengendara sepeda motor untuk mengutamakan keselamatan penjalan kaki dan pesepeda," ungkap Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo di Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/2/2018).

Jaminan tersebut demi terciptanya budaya saling menghargai di antara sesama pengguna jalan. Selain itu, diharapkan bagi pesepeda tidak lagi takut menggunakan sepeda di jalan raya.

Baca juga : Pemkot Surakarta Deklarasikan Solo Kota Nyaman Bersepeda

"Pemkot Surakarta akan terus mengkampanyekan gerakan moral bagi masyarakat untuk bersepeda. Terlebih Solo dikenal sebagai kota ramah lingkungan," jelas Purnomo.

Di sisi lain tujuan bersepeda adalah selain untuk membiasakan hidup sehat, kata Purnomo juga mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di Solo. Sehingga udara di Solo tetap bersih dan tidak tercemar polusi udara.

"Deklarasi Solo kota nyaman bersepeda ini menjadi bukti bahwa Kota Solo masih menjaga unsur budaya. Dimana sepeda onthel pernah menjadi kendaraan khas masyarakat Solo pada zaman yang lalu," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Hari Prihatno menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (DPU PR) untuk memperbaiki fasilitas bagi pesepeda di Solo. Ada beberapa fasilitas yang telah disediakan Pemkot bagi para pesepeda.

Baca juga : Sesuai Mimpi Jokowi, Pemkot Solo Bangun Masjid Bermenara Tertinggi di Indonesia

Yang sudah dilakukan saat ini, kata Hari di barat kawasan Singosaren Kecamatan Serengan Solo. Meski baru beberapa meter Pemkot akan terus menambah fasilitas itu.

"Dari pemerintah pusat nanti juga akan memperbaiki jalur lambat di kawasan Adi Sucipto. Itu semua dalam rangka untuk memfasilitasi bagi pesepeda di Solo. Termasuk fasilitas di jalan Ir Sutami Kentingan. Semua akan diperbaiki pemerintah," beber dia.

Kompas TV Adapun agenda gubernur diawali dengan bersepeda dari rumah dinas Gubernur DKI Jakarta menuju Situ Lembang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com