Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Buron Selama 2 Tahun, Pembunuh Mahasiswa di Kupang Ditangkap

Kompas.com - 24/02/2018, 10:42 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Icha Rastika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Resor Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur (NTT) menangkap Gomes Senlau, pembunuh mahasiswa di sebuah universitas di Kota Kupang, Severianus Lawan Geroda.

Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon Christian Nugroho mengatakan, pelaku ditangkap di Jakarta setelah menjadi buron selama dua tahun.

"Pelaku ditangkap oleh Tim Satuan Reskrim Polres Kupang Kota dan Subdit Jatanras Polda Metro Jaya Jakarta, Kamis (22/2/2018) pukul 17.30 WIB," kata Nugroho kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2018) malam.

Baca juga : Edarkan Narkoba di Kampus, Seorang Mahasiswa Ditangkap Polisi

Penangkapan terhadap pelaku, lanjut Nugroho, dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Pinten Bagus Satrining Budi didampingi Kanit Pidum Ipda Yance Kadiaman dibantu Tim Subdit Jatanras Polda Metro Jaya.

Menurut Nugroho, pelaku ditangkap setelah pihaknya melakukan pengembangan penyelidikan jarak jauh untuk memastikan keberadaan pelaku.

"Pelaku ditangkap di wilayah Bekasi dan rencananya akan dibawa ke Kupang pada Minggu (25/2/2018) besok," ucap dia.

Sebelum menangkap Gomes Senlau, anggota Kepolisian Resor Kupang menangkap dua orang yang diduga terlibat pembunuhan terhadap Severianus Lawan Geroda (24) dalam perkelahian dua kelompok pemuda di Kota Kupang, Jumat (7/10/2016) lalu.

Dua pelaku yang ditangkap itu adalah mahasiswa sebuah universitas di Kota Kupang. Pelaku berinisal SB (26) dan FA (22). Keduanya indekos di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah NTT AKBP Jules Abraham Abast mengatakan, kedua pelaku ditangkap pada Minggu (9/10/2016) sore kemarin.

Baca juga : Mahasiswa yang Tersesat di Gunung Raung Belum Ditemukan

Pada Sabtu (8/10/2016), polisi juga meringkus tiga pelaku pada kasus yang sama. "Kedua (mahasiswa) pelaku ini diduga juga turut terlibat dalam tindak pidana pada malam itu," kata Jules kepada Kompas.com, Senin (10/10/2016) .

Jika terbukti terlibat, keduanya akan ditahan dan menjadi tersangka bersama tiga pelaku lain.
Pembunuhan itu diduga didalangi oleh Gomes Senlau.

Peristiwa itu terjadi ketika dua kelompok pemuda berkelahi di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Jumat lalu.

Selain menewaskan Severianus, seorang mahasiswa bernama Adrianus Kia Beda (24) dalam kondisi kritis akibat perkelahian tersebut.

Kisruh itu terjadi ketika acara pesta wisuda di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Kupang.

Saat itu, seorang mahasiswa yang hendak mengikuti pesta wisuda dicegat oleh kelompok pemuda lain.

Karena kesalahpahaman, terjadilah pertengkaran yang berujung pada aksi saling lempar dua kelompok. Perkelahian berlanjut hingga menewaskan Severianus dan melukai Adrianus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com