Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kos-kosan Terbakar, Sejumlah Ijazah Mahasiswa Tak Terselamatkan

Kompas.com - 22/02/2018, 21:21 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TERNATE, KOMPAS.com - Sebuah rumah kos-kosan di RT 02 RW 04 Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, terbakar, Kamis (22/2/2018).

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Namun api diduga bersumber dari kompor yang menyala berdekatan dengan jerigen bensin.

Menurut Wahid Jalal, warga setempat, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.40 WIT. Saat itu ia tengah memasak air dengan menggunakan kompor untuk membuat kopi. Namun tiba-tiba api menyambar bensin hingga terjadi ledakan.

"Saat terjadi ledakan, kami hanya berlima dalam kos-kosan. Kami pun panik dan lari keluar sambil teriak meminta pertolongan kepada warga untuk membantu padamkan api. Namun tak padam dan api terus membesar," tutur Wahid, Kamis (22/2/2018).

(Baca juga : Anak Korban Kebakaran Tamansari Bingung Harus Tidur di Mana... )

Sementara itu, pemilik kos-kosan Junaidi mengaku, mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Selain 11 kamar yang terbakar, sejumlah dokumen milik mahasiswa yang mengontrak rumah pun ludes dilalap si jago merah.

"Para penghuni kosan ini berjumlah sekitar 20 orang dan kebanyakan mahasiswa yang menempati. Anak kos saya semua tidak sempat mengamankan barang-barang mereka. Jadi sementara saya tampung mereka semua di rumah pribadi saya," kata Junaidi.

"Kami belum bisa beri penjelasan berapa dokumen ijazah mahasiswa yang terbakar dan barang lainnya, karena anak kos masih pulang kampung," tambahnya.

Untuk memadamkan api, beberapa unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian. Namun api baru berhasil dipadamkan satu jam kemudian.

"Kami kawalahan saat pemadaman, karena lokasi kebakaran sulit ditempuh. Jadi api baru berhasil dipadamkan berkisar satu jam kemudian," kata Rifi, ketua regu pemadam kebakaran. 

Kompas TV Api langsung berkobar besar, karena di bagian tengah pasar banyak terdapat kios pakaian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com