Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Beruntun Guncang Pulau Seram, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Kompas.com - 22/02/2018, 15:43 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Dua gempa bumi beruntun dengan kekuatan di atas 5 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, Kamis (22/2/2018).

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, gempa pertama dengan kekuatan 5.3 magnitudo terjadi di Kabupaten Seram Bagian Timur sekira pukul 16.19 WIT.

Gempa tersebut berada pada lokasi 3,04 lintang selatan dan 130.71 bujur timur atau berjarak 35 kilometer bagian timur Kota Bula dan 94 kilometer bagian timur Kobisonta, Maluku Tengah dengan kedalaman 14 kilometer di bawah permukaan laut.

Menurut sejumlah warga di Bula, getaran gempa sangat kuat dirasakan. Gempa tersebut juga membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

“Gempa kuat sekali barusan, kita semua keluar berlarian dari dalam rumah,” kata Muhamad Sabri, salah seorang warga Kota Bula saat dihubungi dari Ambon, Kamis sore.

Baca juga : Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Pulau Morotai

Hanya berselang dua menit, gempa dengan kekuatan 5.2 magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Maluku Tengah. Gempa kedua ini berpusat di 3,19 lintang selatan dan 130,78 bujur timur atau berjarak 33 kilometer Timur Bula dan 104 kilometer Kobisonta, Maluku Tengah dengan kedalaman 14 kilometer di bawah permukaan laut.

Meski getarannya dirasakan sangat kuat, namun hingga kini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Baca juga : Imbas Gempa Sukabumi dan Banten, Wisata Air Panas Diwak Ditinggal Pengunjung

Data yang diterima dari BMKG Maluku, dua gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Karenanya warga diminta untuk tetap tenang dan tidak panik.

Kompas TV Bencana alam di Indonesia berpengaruh terhadap laju perekonomian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com