Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Dana Awal Kampanye, Gus Ipul Rp 1,7 Miliar dan Khofifah Rp 200 Juta

Kompas.com - 22/02/2018, 14:21 WIB
Achmad Faizal,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim telah menerima laporan dana awal kampanye dua pasangan cagub dan cawagub Pilkada Jatim.

Pasangan nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistyanto Dardak melaporkan dana kampanyenya sebesar Rp 200 juta, sedangkan pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno, melaporkan Rp 1,7 miliar.

"Laporan awal dana kampanye kedua pasangan belum menyentuh separuh dari dana kampanye yang ditetapkan, yakni maksimal Rp 494 miliar," kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, Kamis (22/2/2018).

Dana awal yang dilaporkan ke KPU tersebut, ujar Eko, juga disertai dengan keterangan dari mana dana itu berasal. "Dana dari pasangan nomor 1 dari pasangan calon. Sementara pasangan nomor urut 2 dari pasangan calon dan partai pengusung," jelasnya.

Baca juga: Survei KedaiKOPI, Elektabilitas Gus Ipul-Puti Masih Ungguli Khofifah-Emil

Besaran dana kampanye, menurut Eko, ditetapkan atas kesepakatan KPU, Bawaslu, dan dua pasangan calon. Besaran dana kampanye disusun berdasarkan jangkauan wilayah dan jumlah pemilih Pilkada Jatim yang mencapai sekitar 31 juta orang.

Adapun Pilkada Jatim tahun ini diikuti dua pasangan calon. Pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistyanto Dardak diusung Partai Demokrat, Golkar, PPP, Hanura, dan PAN. Sementara pasangan Gus Ipul - Puti Guntur Soekarno diusung PKB, PDI-P, Partai Gerindra, dan PKS.

Baca juga: Ke Makam Bung Karno, Khofifah Bilang Pilih Calon Gubernur, Bukan Kakeknya

Kompas TV Selain itu, Puti juga mengklaim memiliki program khusus untuk pengembangan pembangunan di Pulau Madura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com