Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend" Selama Imlek di Medan, Yuk Mampir ke 5 Tempat Ini

Kompas.com - 15/02/2018, 15:51 WIB
Caroline Damanik

Editor

MEDAN, KOMPAS.com - Hari Raya Imlek yang jatuh pada hari Jumat (16/2/2018) membuat warga memiliki akhir pekan yang lebih panjang.
 
Untuk Anda sedang berada di Medan, Sumatera Utara, atau sengaja berlibur ke salah satu kota besar di Indonesia ini, long weekend ini bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi sejumlah tempat atau mencoba kuliner khas.
 
Berikut ini 5 hal yang bisa Anda kunjungi atau coba pada long weekend kali ini?
 
 
Aktivitas pemasangan ornamen lampion dan Pohon Mei Hua (Pohon Doa) di Maha Vihara Maitreya di Jl. Cemara Baulevard Utara No.8 Komplek Perumahan Cemara Asri, Medan. TRIBUNMEDAN.COM/Victory Aktivitas pemasangan ornamen lampion dan Pohon Mei Hua (Pohon Doa) di Maha Vihara Maitreya di Jl. Cemara Baulevard Utara No.8 Komplek Perumahan Cemara Asri, Medan.
 
1. Maha Vihara Maitreya
 
Maha Vihara Maitreya adalah salah satu wihara terbesar di Asia Tenggara. Wihara yang dibangun pada tahun 1999 ini memiliki luas tapak 96 meter x 122 meter.

Wihara ini berada di dalam kompleks Perumahan Cemara Asri, Jl Boulevard Utara, Medan dan terbuka untuk semua kalangan agama dan usia. Namun, pengunjung diminta untuk menjaga kebersihan dan tidak ribut jika ada yang sedang sembahyang.
 
Wihara ini terdiri dari tiga gedung utama, yaitu Baktisala Umum, Baktisala Maitreya dan balai pertemuan. Total, daya tampungnya bisa mencapai 6.000 orang.
 
Di ruang utama di dalam wihara, interior megah dan patung Budha berbalut warna emas sangat memukau.
 

Sementara itu, di sisi kanan gedung utama adalah arena permainan anak-anak yang dilengkapi ayunan hingga jungkat-jungkit dan di belakang wihara ada taman tempat pengunjung bisa duduk sambil memandangi taman yang asri dan ikan-ikan di kolam.

Kompleks wihara ini juga dilengkapi restoran vegetarian dan toko suvenir. Pengunjung bisa membeli batu giok hingga aneka patung Budha untuk kenang-kenangan.

 
Karena tahun ini adalah Tahun Anjing Tanah 2569, kegiatan perayaan imlek yang berlangsung selama 16 hari di wihara ini akan bertemakan anjing. Dalam berbagai acara akan ada roadshow yang melibatkan anjing-anjing terlatih.
 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com