Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Independen Gugur, Pilwalkot Tanjung Pinang Hanya Diikuti 2 Pasangan Calon

Kompas.com - 12/02/2018, 17:01 WIB
Hadi Maulana,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Senin (12/2/2018) sekitar pukul 11.30 WIB akhirnya menetapkan dua pasangan yang lolos dan resmi bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang 2018.

Pasangan yang lolos yakni, pasangan Syahrul-Rahma dan pasangan Lis Darmansyah-Maya Suryanti, sementara pasangan Edi Safrani-Edi Susanto dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan gugurnya Bakal Calon (Balon) Edi Syafrani-Edi Susanto dikarenakan tidak memenuhi dan tidak bisa melengkapi persyaratan yang diminta KPU Kota Tanjungpinang.

"Pasangan Edi Safrani-Edi Susanto harus melengkapi 14.800 e-KTP, sedangkan sampai dengan masa perbaikan yang diberikan mulai tanggal 8-20 Januari 2018, yang bersangkutan tidak bisa melengkapi kekurangan itu, makanya kami nyatakan gugur," kata Robby.

Baca juga : Dua Pasangan Calon di Pilkada Sumut, JR Saragih-Ance Tak Lolos

Tidak itu saja, pasangan Edi Safrani-Edi Susanto juga tidak bisa melengkapi syarat calon yaitu surat bebas pailit dari pengadilan niaga, Medan.

Dengan gugurnya pasangan Edi Safrani-Edi Susanto, otomatis hanya ada dua pasangan saja yang resmi bertarung di Pilkada Kota Tanjungpinang 2018. Pasangan Syahrul-Rahma diusung dari Partai Golkar dan Gerindra. Sementara Lis Darmansyah-Maya Suryanti diusung PDI-P, PAN, Demokrat, PKPI, PPP dan Hanura.

"Besok, Selasa (13/2/2018) kita akan lakukan pencabutan nomer undi yang akan dilakukan dua pasangan ini," ujar Robby.

Kompas TV KPU Provinsi Bali menetapkan dua pasangan calon pada pemilihan Gubernur Bali 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com