Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Grobogan Surut, Tanggul Jebol Mulai Diperbaiki

Kompas.com - 18/11/2017, 21:01 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Banjir yang melanda 250 rumah warga Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, telah surut, Sabtu (18/11/2017).

Kepala Desa Mayahan, Sairozi, menyampaikan, air limpasan dari saluran air di Desa Plosorejo, Tawangharjo yang merendam permukiman desanya berangsur surut Sabtu dini hari. Warga pun sudah mulai beraktivitas kembali.

"Air yang menggenangi desa perlahan surut sejak dini hari. Warga terdampak banjir langsung berupaya untuk bersih-bersih rumah. Beruntung hujan tidak turun sejak kemarin," kata Sairozi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, Agus Sulaksono, mengatakan, tim gabungan dari TNI, Kepolisian, BPBD, Pemkab serta warga telah diterjunkan untuk melakukan perbaikan tanggul saluran air Desa Plosorejo yang jebol. Satu unit alat berat dioperasikan untuk menutup tanggul yang jebol sepanjang 8 meter itu.

"Kurang lebih ada 150 orang yang ikut kerja bakti perbaikan tanggul. Untuk tanggul paling parah sepanjang 8 meter, kami tutup menggunakan ribuan sak karung yang diisi tanah. Setelah itu diperkuat dengan bambu dan diuruk tanah lagi. Target selesai hari ini," kata Agus.

Ratusan rumah di wilayah Desa Mayahan itu terendam banjir, Jumat kemarin. Ketinggian air bervariasi mulai dari 30 sentimeter hingga satu meter.

Intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Grobogan membuat debit air di saluran air Desa Plosorejo, Tawangharjo melampaui kapasitas saluran. Tiga titik lokasi tanggul saluran air yang tak kuat menahan derasnya arus air akhirnya jebol.

Air kemudian perlahan melimpas ke lahan pertanian serta permukiman Desa Mayahan.

"Sekolah untuk sementara diliburkan karena terendam 30 sentimeter. Warga masih bertahan di lokasi karena ketinggian air belum cukup parah. Puluhan hektar lahan pertanian terendam air dengan ketinggian 40 sentimeter," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, Budi Prihantoro.

Baca juga : Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Grobogan Terendam Banjir

Dari penelusuran BPBD Grobogan, ada tiga titik lokasi tanggul saluran air di Desa Plosorejo yang ambrol.

Kepala Desa Mayahan, Sairozi, menyampaikan, warta tahu tanggul jebol pada Jumat dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com