Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Kerahkan Petugas, Lampu, dan Mesin Penyedot di Bandara Supadio

Kompas.com - 12/11/2017, 21:08 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kalimantan Barat mengerahkan petugas untuk mengatasi banjir yang melumpuhkan operasional Bandara Internasional Supadio Pontianak.

Kepala BPBD Kalimantan Barat TTA Nyarong mengatakan, petugas gabungan sudah diturunkan untuk mengatasi peristiwa ini. Selain itu, BPBD juga akan menurunkan mesin penyedot untuk menguras air yang menggenangi runway bandara.

"BPBD akan menurunkan lampu penerangan dan mesin penyedot," ujar Nyarong, Minggu (12/11/2017) malam.

Nyarong mengatakan, genangan air di runway menyebabkan Bandara Supadio ditutup.

Baca juga : Runway Banjir, Semua Penerbangan di Bandara Supadio Dijadwal Ulang

"Pukul 05.30 WIB, petugas inspeksi melakukan inspeksi rutin runway dan menemukan adanya genangan air pada sta 1+525 - 1+840 sisi kanan runway dengan jarak 16 meter dari center lines yang berasal dari saluran air sekitar runway," ujar Nyarong.

Genangan air tersebut, lanjut dia, akibat arus sungai pasang dan hujan lebat pada Sabtu (11/11/2017), karena area di sekitar bandara juga mengalami kebanjiran.

Air menggenangi runway Bandara Supadio Pontianak, Minggu (12/11/2017). Bandara Supadio Pontianak terpaksa ditutup sampai waktu belum bisa ditentukan. TRIBUN PONTIANAK/MADROSID Air menggenangi runway Bandara Supadio Pontianak, Minggu (12/11/2017). Bandara Supadio Pontianak terpaksa ditutup sampai waktu belum bisa ditentukan.
Kemudian, sekitar pukul 06.00 WIB petugas berkoordinasi melakukan upaya penanggulangan dengan memasang sand bag pada bahu runway dan penyedotan air menggunakan pompa air dan foam tender.

Selanjutnya, sekitar pukul 07.30 WIB, GM Airnav bersama penerbang meninjau lokasi untuk berdiskusi apakah penerbang dapat take off atau tidak dengan kondisi yang ada. Pilot menyatakan tidak dapat take off dengan kondisi yang ada.

Baca juga : Runway Tergenang Banjir, Bandara Supadio Ditutup

"Pukul 09.00 WIB air yang tergenang belum juga surut, sehingga diajukan perpanjangan Notam selama 3 jam dan pukul 10.00 WIB dilakukan pembuatan tanggul pada parit yang menuju runway strip," kata Nyarong.

Hingga tengah hari, air belum juga surut. Penutupan bandara kemudian diperpanjang 3 kali 3 jam dan hingga saat ini landasan pacu bandara masih ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com