Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Pilih Ridwan Kamil, Ini Penjelasan Setya Novanto

Kompas.com - 09/11/2017, 17:42 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Golkar akhirnya memilih Ridwan Kamil sebagai sosok yang diusung untuk Pilkada Jawa Barat 2018.

Kepastian itu didapat setelah Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto memberikan surat keputusan (SK) dukungan resmi kepada Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Kamis (9/11/2017) siang. 

Menurut Novanto, pemberian SK dukungan Partai Golkar kepada Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jabar sudah melalui kajian mendalam.

“Sebenarnya kita selalu mengusung kader sendiri. Tapi kita punya cita-cita besar, yakni harus memenangkan kontestasi ini," kata Setya Novanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis sore.

(Baca juga : Usung Ridwan Kamil, Pengurus Kecamatan Golkar se-Jabar Akan Gugat DPP)

DPP, sambung Novanto, telah mengkaji hasil survei dari berbagai lembaga survei. "Hasilnya, elektabilitas Kang Emil selalu berada di urutan teratas. Dan, Kang Emil merupakan ikon pemimpin yang dicintai rakyat,” tambahnya.

Novanto menuturkan, Provinsi Jabar merupakan barometer nasional yang menjadi target utama partai Golkar dalam meraup suara.

"Karena itu Golkar betul-betul mengkaji siapa calon gubernur dan wakilnya yang harus didukung. Hasil kajian itu menunjukkan bahwa Kang Emil yang harus didukung," ujar Novanto.

Dengan adanya kepastian itu, Novanto mengimbau kepada para pengurus partai di daerah untuk segera berkoordinasi. "Loyalitas kader harus siap dukung Kang Emil,” kata Novanto. 

Kompas TV Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi mengaku legowo jika DPP Golkar mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com