Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Daya Tarik Wisatawan, Danau Perintis Diberi Fasilitas Lampu

Kompas.com - 30/10/2017, 13:52 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Fasilitas wisata di Danau Perintis di Kecamatan Suwawa secara bertahap dilengkapi oleh Pemerintah Bone Bolango.

Fasilitas yang dibangun di kawasan ini adalah penambahan lampu penerangan dan tulisan Danau Perintis dalam ukuran yang besar.

“Lampu penerangan menambah keindahan pada malam hari. Apalagi kalau makan malam di atas rakit di tengah danau pasti lebih menawan,” kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Senin (30/10/2017).

Tidak lama lagi pihaknya juga akan membuat air mancur tunggal yang mampu menyemprotkan air setinggi 50 meter yang akan disorot lampu beraneka warna.

“Kami juga akan memfasilitasi internet kecepatan tinggi, silakan berkunjung ke Danau Perintis,” ajak Hamim Pou.

Sejak dikenalkan secara luas oleh Pemerintah Kecamatan Suwawa, danau ini terus dibersihkan dari rerumputan liar dan sampah yang dibuang masyarakat di sekitar danau.

“Kami menggerakkan masyarakat setempat dan ayahanda (kepala desa) di kecamatan Suwawa untuk melakukan mohuyula (gotong royong) setiap pekannya,” kata Camat Suwawa, Achril Yoan Babyonggo.

Perubahan fisik danau perintis yang mulai bersih kemudian dilirik masyarakat Gorontalo dari berbagai daerah untuk datang. Mereka menikmati panorama indah dan kuliner tradisional yang disediakan masyarakat setempat.

Baca juga : Indahnya Danau Perintis, Buah Gotong Royong Warga Suwawa

Dari upaya inilah kemudian Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melihat kawasan ini penting difasilitasi untuk menjadikan destinasi wisata baru.

Lokasi yang strategis berada di kaki Gunung Tilong Kabila dan dapat dijangkau dengan mudah oleh pengunjung, menjadikan Danau Perintis sebagai lokasi wisata alternatif yang menarik.

Danau buatan yang dibendung masa orde lama ini dulunya merupakan kawasan lahan basah yang banyak ditumbuhi tanaman air liar seperti nipah.

Kompas TV Ayam betina bernama Loretta setiap sore diajak berselencar keliling danau.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com