Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Calon Pemimpin Baru di Jateng Perlu Jujur, Bukan Banyak Hebohnya"

Kompas.com - 14/10/2017, 17:24 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih menilai banyaknya figur yang muncul jelang Pilkada Jawa Tengah 2018 akan menguntungkan Jawa Tengah.

Menurut dia, warga akan memiliki banyak pilihan untuk menentukan figur yang benar-benar tepat untuk menjawab berbagai persoalan aktual di Jawa Tengah saat ini.

Rustriningsih menilai, banyak persoalan di Jawa Tengah yang belum diselesaikan atau difasilitasi oleh pemerintah daerah. 

"Saya sebagai rakyat biasa, pernah duduk di (kursi) wakil gubernur, banyak yang perlu dijawab, dan banyak hal disiapkan. Kita perlu terus belajar, jujur pada diri sendiri," katanya di Semarang, Sabtu (14/10/2017). 

"Tantangan saat ini berkembang, tapi kita perlu belajar jujur apa yang harus dilakukan (dikerjakan), bukan banyak hebohnya. Jangan menipu diri seolah sudah mengerjakan banyak hal," tambah mantan politisi PDI-P ini.

(Baca juga: Pilkada Jateng Adem Ayem, Pengamat Khawatir Partisipasi Pemilih Rendah)

Rustri mengatakan, tokoh publik perlu terus bergerak di lapangan untuk mengenalkan diri ke masyarakat. Pada akhirnya, warga bisa menentukan para pemimpinnya untuk lima tahun mendatang.

Beberapa nama figur publik muncul untuk bertarung di Pilkada Jateng mendatang, antara lain petahanan Ganjar Pranowo, Mustofa, Wardoyo Wijaya (PDI-P), Sudirman Said dan Ferry Juliantono (Gerindra), Marwan Jafar (PKB) hingga Agus Hermanto (Demokrat).

Sejauh ini, hanya PDI-P yang dapat mengusung pasangan calon sendiri untuk bertarung di Pilkada mendatang, sedangkan partai lain harus berkoalisi jika ingin mengusung pasangan calon. Rustriningsih pun tidak menutup diri jika nantinya ikut diusung.

"Parpol di luar PDI-P harus berkoalisi, mereka bergerak bekerjasama menyusun calon, dan biarkan itu berjalan. Kalau (saya) peluang tetap ada, tapi penilaian ada di mereka," tuturnya.

 

 

Kompas TV Rencananya di Hotel Alila, Bobby Nasution dan keluarga serta para tamu VIP akan menginap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com