Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Siapkan Tiga Nama untuk Pilkada Jateng

Kompas.com - 05/10/2017, 18:52 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Wakil ketua DPR RI Agus Hermanto disiapkan untuk menjadi salah satu kandidat bakal calon gubernur di Pilkada Jateng 2018 mendatang. Nama Agus muncul dari tiga nama yang direkomendasikan Partai Demokrat.

“Kami siapkan kader internal Demokrat yang handal. Seperti pak Agus Hermanto, dia orang Jateng yang punya kualitas dan kapabel, namanya juga besar di Jateng," ujar Ketua Dewan Perwakilan Daerah Demokrat Jawa Tengah, Rinto Subekti, sesuai musyawarah cabang di Semarang, Kamis (5/10/2017).

Selain Agus, dua kader legislatif yang disiapkan yaitu anggota DPR RI Djoko Udjianto, dan ketua komisi E DPRD Jateng AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi.

Rinto mengatakan, tiga nama itu merupakan kader potensial yang disiapkan dari partainya. Tiga kader ini dinilai cukup potensial baik menjadi calon gubernur ataupun calon wakil gubernur.

Baca juga: Pilkada Jateng Adem Ayem, Pengamat Khawatir Partisipasi Pemilih Rendah

Menurut dia, hingga saat ini belum ada satu nama yang sudah pasti direkomendasikan oleh partai untuk maju di Pilkada Jateng 2018. Penunjukan nama merupakan merupakan hak preogratif majelis tinggi Demokrat.

“Kader di daerah hanya memberikan paparan dan masukan. Tiga nama tadi belum spesifik akan diusung,” katanya.

Di luar partai, Demokrat terus melakukan komunikasi politik dengan partai laun untuk mengusung pasangan calon di pilkada mendatang. Partainya pun menyatakan terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun.

“Kami sadar betul, karena kami di Jateng hanya punya 9 kursi belum bisa mengusung sendiri," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi DPP Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo memastikan untuk gelaran Pilkada serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019, Demokrat menggelar Muscab serentak di 35 DPC se-Jateng.

Muscab digelar untuk menata organisasi agar siap menghadapi hajat politik di tahun depan. “Ini untuk mempersiapkan agar menang di Pilkada, Pileg dan Pilpres," ujar dia.

Kompas TV Kali ini, mantan atlet tinju Indonesia Chris John mendatangi kantor DPD PDI-P Jawa Tengah di Kota Semarang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com