Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jaga Lokasi Kaki Raksasa di Dekat Candi Borobudur

Kompas.com - 29/09/2017, 17:58 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kepolisian Sektor (Polsek) Borobudur, Kabupaten Magelang, tidak menerima laporan warga terkait temuan jejak mirip telapak kaki raksasa di pekarangan warga, di Dusun Barepan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Rabu (27/9/2017) malam lalu.

Polisi justru mengetahui fenomena tersebut dari media massa dan media sosial.

"Kami tidak menerima laporan warga terkait penemuan tersebut. Lalu kami sudah klarifikasi kepada pemilik pekarangan tentang kebenaran fenomena itu, dan benar adanya," ujar Kepala Polsek Borobudur, AKP Didik Sulaiman, Jumat (29/9/2017).

Setelah melakukan klarifikasi, pihaknya lantas melakukan pengamanan di sekitar lokasi mengingat masih banyak warga yang berdatangan untuk melihat jejak mirip kaki manusia.

Pengamanan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang mengganggu kondusivitas masyarakat setempat.

"Kami sebatas memantau, mengamankan lokasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya copet atau tindakan kriminal lain di sela-sela kerumunan warga, " katanya.

Baca juga: Surawan Persilakan Para Ahli Teliti Jejak Kaki Raksasa di Rumahnya

Kepolisian sendiri tidak menyelidiki lebih lanjut penemuan jejak kaki raksasa ini. Pemilik rumah merasa fenomena jejak kaki raksasa ini tidak perlu dibesar-besarkan. Keluarga Surawan memang semula ketakutan tapi kini berangsur pulih.

"Pak Surawan tidak mengalami kerugian berarti, hanya pot-pot yang berserakan. Dia juga tidak ingin kejadian ini dibesar-besarkan," tuturnya.

Seperti diketahui, jejak mirip telapak kaki ditemukan Surawan di tanah pekarangan rumahnya, Rabu (27/9/2017) malam. Jejak kaki itu terlihat tidak biasa karena ukurannya besar dibanding jejak kaki orang dewasa.

Baca juga: Jejak Kaki Mirip Raksasa Ditutupi Bak Plastik Hitam

 

Jejak kaki tersebut memiliki panjang sekitar 30 centimeter, lebar 13 centimeter dan kedalaman 4 centimeter. Ada dua jejak yang ditemukan, mirip kaki kanan dan kiri. Jerak kedua jejak itu sekitar 1 meter.

Kompas TV Jejak Elite Tanah Abang - SINGKAP
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com