Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surawan Persilakan Para Ahli Teliti Jejak Kaki Raksasa di Rumahnya

Kompas.com - 29/09/2017, 16:24 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Surawan (50), mempersilakan warga yang ingin melihat jejak mirip telapak kaki raksasa di depan rumahnya di Dusun Barepan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Termasuk, para ahli yang berniat untuk menelitinya.

"Silakan saja kalau ada yang mau datang, meneliti, supaya diketahui benar tidak itu jejak kaki atau bukan," kata Surawan, Jumat (29/9/2017).

Dia mengakui keberadaan jejak tersebut telah mengundang rasa penasaran warga sekitar, sehingga rumahnya ramai dikunjungi. Sampai saat ini pun jejak kaki berukuran panjang 30 centimeter, lebar 13 centimeter dan kedalaman 4 centimeter itu masih misterius.

Meski banyak spekulasi warga sekitar yang menyebutkan bahwa jejak itu milik makhluk astral yang konon menghuni pohon mojo di pekarangan tetangga di depan rumahnya, pohon tersebut ditebang oleh sang pemilik, Muh Zaenal, karena dinilai sudah tidak rapi.

Saat ini, Surawan hanya menutupi jejak kaki itu dengan bak plastik hitam supaya tidak rusak. Demikian juga dengan pot-pot bunga di teras rumahnya masih dibiarkan berantakan.

"Nanti kalau sudah memungkinkan akan dirapikan lagi, " ucapnya.

Baca juga: Jejak Kaki Raksasa Ditemukan di Pekarangan Warga Dekat Candi Borobudur

Surawan tidak melaporkan temuan tersebut ke pihak berwajib ataupun pemerintah desa setempat. Dia merasa tidak mengalami kerugian materiil yang berarti sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

"Saya kira tidak perlu sampai melapor polisi, apalagi tidak ada kerusakan atau kerugian yang saya alami. Keluarga memang sempat takut, tapi sekarang tidak lagi, sudah biasa saja, jadi tidak perlu dibesar-besarkan," ungkapnya.

Baca juga: Jejak Kaki Mirip Raksasa Ditutupi Bak Plastik Hitam

Seperti yang diketahui, bekas mirip jejak kaki ditemukan Surawan di tanah pekarangan rumahnya, Rabu (27/9/2017) malam. Jejak kaki itu terlihat tidak biasa karena ukurannya besar dibanding milik orang dewasa. Panjangnya sekitar 30 centimeter, lebar 13 centimeter dan kedalaman 4 centimeter.

Ada dua jejak yang ditemukan, mirip kaki kanan dan kiri. Jarak kedua jejak itu sekitar 1 meter.

Kompas TV Jejak Elite Tanah Abang - SINGKAP
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com