Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kronologi Tenggelamnya Perahu Kenangan Indah di Kabupaten Alor

Kompas.com - 23/09/2017, 17:57 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kapal motor Kenangan Indah dengan bobot 6 GT tenggelam di Selat Alor, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/9/2017).

Kepala Bidang Humas Polda NTT Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, kapal itu mengangkut sembako dan penumpang berjumlah 16 orang.

Tragedi itu, lanjut Jules, bermula ketika kapal berangkat dari pelabuhan Kalabahi pukul 11.30 Wita menuju Balauring dengan dinakhodai Abdullah Rasid dan tiga orang ABK.

"Setelah sampai di Mulut Kumbang, haluan kapal terkena kepala arus, sehingga kapal dalam keadaan miring dan oleng," kata Jules kepada Kompas.com, Sabtu siang.

Baca: Perahu Kenangan Indah Tenggelam di Alor, Satu Penumpang Hilang

Pada saat kapal dalam posisi oleng pada sekitar pukul 13.30 wita, lanjut Jules, seorang penumpang bernama Hasanudin Basir (18), terjatuh ke laut dan langsung hilang.

Penumpang lainnya kemudian berteriak minta tolong sehingga warga yang tinggal di pesisir pantai datang menolong dan mengevakuasi para penumpang dengan menggunakan perahu motor.

"Saat ini nakhoda dan ABK sementara masih dimintai keterangan oleh Satuan Kepolisian Perairan Polres Alor dan korban yang terjatuh di laut sampai pada saat ini masih dalam pencarian," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com