Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Penumpang KM Fungka Permata III yang Tenggelam Trauma Berat

Kompas.com - 19/09/2017, 08:14 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com – Seluruh penumpang kapal tenggelam, KM Fungka Permata III, saat dievakuasi mengalami trauma berat. Enam di antara penumpang tersebut harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

“Semua korban trauma dan fisiknya semua drop lemah. Keadaan dan kondisinya memprihatinkan, enam orang langsung kami evakuasi di rumah sakit,” kata petugas kesehatan Pelabuhan Baubau, Wa Ode Kurnia Yulianti, Senin (18/9/2017).

Isak tangis para korban kapal KM Fungka Permata mulai terlihat saat dievakuasi dari atas kapal ke ruang terminal Pelabuhan Baubau untuk menjalani perawatan. Tangisan para penumpang semaki keras ketika bertemu dengan keluarga yang sudah menanti dari siang di Pelabuhan Baubau.

Selain mengalami trauma berat, para korban juga mengalami luka pada kaki akibat terkena atap seng ataupun benda lainnya.

“Semua korban mengalami luka pada kaki, kita pilah kalau ada luka besar, kami langsung evakuasi ke rumah sakit, seperti kaki nakhoda yang luka akibat digigit ikan,” ujarnya.

Baca juga: Kapal yang Hilang Kontak di Wakatobi Ditemukan Tenggelam, Seluruh Penumpang Selamat

Sebelumnya, KM Fungka Permata III, ditemukan tenggelam di perairan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (17/9/2017).

Tenggelamnya kapal tersebut diduga akibat kerusakan pada mesin pompa air dan juga kerusakan mesin utama karena telah tertutup air laut.

Baca juga: Penumpang Kapal Tenggelam: Kami Sudah Pasrah dan Kami Semua Menangis

Kompas TV Senin (18/09), kapal baru yang dinamai KRI Bima Suci akan berlayar dari Spanyol menuju Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com