Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balai Banjar Diberdayakan untuk Menampung Pengungsi Gunung Agung

Kompas.com - 22/09/2017, 13:01 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KLUNGKUNG, KOMPAS.com - Kepala Pelaksana Harian BPBD Klungkung Putu Widiada mengatakan, Balai Banjar di sekitar pos pengungsian GOR Swecapura, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali akan dimanfaatkan untuk menampung pengungsi.

Menurutnya, areal GOR hanya bisa menampung pengungsi sampai 2.000 jiwa. Jika situasi terus memburuk, maka Balai Banjar di desa-desa sekitar juga akan digunakan.

"Kpian (kepala) Banjar sekitar sini sudah menyatakan siap bila Balai Banjarnya digunakan untuk menampung pengungsi," kata Widiada, Jumat (22/9/2017).

Widiada menjelaskan, selain Balai Banjar, sejumlah wantilan Pemerintah Kabupaten Klungkung disiapkan untuk menampung pengungsi.

(Baca juga: Sanitasi dan Makanan Bayi Jadi Masalah di Pengungsian Gunung Agung)

Hal itu sesuai dengan arahan gubernur Bali yang meminta pengungsi sedapat mungkin tidak menginap di tenda agar lebih nyaman. Terutama bagi anak-anak. "Arahan pak gubernur kalau bisa pengungsi tidak ditampung di tenda," ucapnya.

Sesuai estimasi, jika kondisi memburuk, pos pengungsian Klungkung akan kedatangan sekitar 15.000 pengungsi. "Estimasinya 15.000 dan kami sudah siap dengan kondisi tersebut," tutupnya.

Kompas TV Warga memilih untuk mengungsi ke rumah keluarga di luar zona bahaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com