Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat, Candi Borobudur Tutup bagi Wisatawan Perorangan

Kompas.com - 06/09/2017, 13:32 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Obyek wisata Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk sementara akan ditutup dari kunjungan perorangan. Penutupan dilakukan sehari pada Jumat (6/9/2017) mendatang.

"Yang perorangan tidak (dibuka), sementara tidak, itu kan cuma sehari," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, seusai rapat tertutup dengan Forkominda Tengah, Rabu (6/9/2017).

Penutupan untuk wisatawan pada Jumat dilakukan untuk perorangan. Namun untuk wisatawan kelompok atau grup tetap akan dibuka. Candi Borobudur juga tetap akan buka melayani wisatawan asing yang berwisata. "Wisatawan mancanegara, grup atau kelompok tetap dibuka," ujarnya.

Pembukaan untuk kelompok, sambung Sri, lantaran pemantauan terhadap wisatawan lebih mudah dilakukan ketimbang wisata perorangan. "Karena kalau kelompok kan mudah dipantau, banyak personel diterjunkan di sana," tambahnya.

Baca juga: Koordinator Aksi Bela Rohingya: Kami Tidak Mengadakan Aksi di Candi Borobudur

Aparat kepolisian sendiri bakal menerjunkan 22 SSK atau sekitar 2200 personel untuk mengamankan aksi bela Rohingya di Borobudur. 3 SSK lain bantuan keamanan dari TNI.

Selain untuk pengamanan, pengerahan personel juga untuk mengamankan kunjungan Presiden RI Joko Widodo pada 9 September mendatang di Magelang. "Tanggal 9 kan Presiden juga datang ke Magelang, nanti TNI Polri bergabung sekalian," ucapnya.

Rencana aksi solidaritas Bela Rohingya di Candi Borobudur, Jawa Tengah pada Jumat (8/9/2017) dipastikan tidak akan terjadi. Aksi diganti dengan kegiatan doa bersama di Masjid Annur Magelang. 

Kompas TV Selain mengunjungi Candi Borobudur, Barack Obama juga mengunjungi Candi Prambanan di Yogyakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com