Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basofi Sudirman Wafat, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Jatim 3 hari

Kompas.com - 07/08/2017, 18:35 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemprov Jatim mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari sejak Senin (7/8/2017) hingga Rabu (9/7/2017).

Imbauan itu sebagai bentuk duka masyarakat Jatim yang telah kehilangan mantan gubernur periode 1993 - 1998, Basofi Sudirman.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Jatim, Beny Sampirwanto mengatakan, instruksi resmi untuk mengibarkan bendera setengah tiang sudah dikeluarkan oleh pihaknya kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim.

"Seluruh OPD di lingkungan Pemprov Jatim harus mengibarkan bendera setengah tiang," katanya dikonfirmasi, Senin sore.

Dia sendiri saat ini sedang mendampingi Gubernur Jatim, Soekarwo, melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. "Gubernur Soekarwo sangat bersedih mendengar kabar meninggalnya Pak Basofi," ujarnya.

Baca juga: Basofi Sudirman, Tentara, Gubernur, dan Penyanyi

Gubernur Jatim sebut dia, sudah memerintahkan Wakil Gubernur Saifulah Yusuf dan sejumlah pejabat untuk menghadiri pemakaman jenazah Basofi Sudirman, Selasa  (8/8/2017) di San Diego Hills Memorial Park Karawang, Jawa Barat.

Pelantun tembang "Tidak semua laki-laki" itu pada Mei 2017 sempat didiagnosa telah menderita sejumlah komplikasi penyakit dan dirawat di RS Medistra Jakarta. Ia menghembuskan nafas terakhir pukul 10.55 WIB Senin siang. Mantan wakil Gubernur DKI ini meninggalkan tiga anak dan enam cucu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com