Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.500 Lampion Diterbangkan ke Langit Dieng

Kompas.com - 06/08/2017, 07:17 WIB
Iqbal Fahmi

Penulis

DIENG, KOMPAS.com - Lebih dari 3.500 lampion membumbung di langit dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (5/8/2017) malam.

Pelepasan lampion oleh ribuan wisatawan ini diselenggarakan dalam rangkaian acara Dieng Culture Festival (DCF) 2017 di panggung utama, kompleks Candi Arjuna.

Ketua Panitia DCF 2017, Alief Fauzi, mengatakan, pesta lampion ini dilaksanakan di malam kedua setelah panggung musik Jazz Atas Awan, dan sendratari legenda rambut gembel. Panitia menyediakan ribuan lampion plastik sesuai jumlah tiket yang terjual.

“Pesta lampion memang menjadi agenda rutin dari perayaan DCF setiap tahunnya. Ini salah satu acara yang dinanti-nanti, dan menjadi daya tarik utama wisatawan,” ujarnya.

(Baca juga: Ritual Potong Rambut di Dieng, "Anak Gembel" Ajukan Permintaan Unik)

Dalam pantauan Kompas.com, pelepasan lampion ini dilakukan serentak pukul 23.00 WIB, atau mundur 2,5 jam dari jadwal yang ditetapkan panitia.

Sejumlah peserta DCF sempat menggerutu. Salah satunya Rizky Pratama Ningrum (19). Peserta dari Jakarta ini mengeluh acara kerap molor dari jadwal yang tertera pada rundown.

“Dari pembukaan sampai pesta lampion molor terus, sering enggak sesuai dengan rundown juga. Harusnya di jadwal acara kembang api, malah dituker sama acara lain,” kritik Rizky.

Meski demikian, acara pesta lampion tetap berjalan dengan meriah. Panitia juga telah menyiagakan petugas Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di beberapa titik untuk mengantisipasi jika ada lampion yang terbang ke hutan dan berpotensi memicu kebakaran.

 

 

Kompas TV Peringatan dini dan kampung siaga bencana akan ada di tiga kabupaten sekitar Dieng.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com