Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kobaran Api Kebakaran Lahan Dekati Permukiman, Warga Mengungsi

Kompas.com - 26/07/2017, 05:13 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Titik api kebakaran lahan gambut yang berada di kawasan Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat Selasa (25/07/17) malam terus membesar dan mendekati permukiman penduduk.  Hal itu menyebabkan warga mulai mengungsi.

“Kebakaran sudah terjadi sejak tadi pagi, tapi apinya kecil tapi tadi sore tiba-tiba api setelah magrib terus membesar dan mendekati rumah warga sekitar 100 meter dengan rumah ada," kata Zainudin Kepala Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Selasa (25/7/17).

Menurut Zainudin, dua kepala keluarga yang rumahnya berada sekitar 100 meter dari kobaran api itu masing-masing yaitu milik Abu Nyak Man (70) dan Salbiah (35), sehingga seluruh barang-barang yang berada di dalam rumah tersebut terpaksa harus dikeluarkan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Tadi api terus membesar, sehingga pemilik rumah dan warga bersama-sama mengeluarkan seluruh isinya,” katanya.

Baca juga: BNPB Kerahkan Dua Heli untuk Padamkan Kebakaran Lahan di Aceh Barat

Untuk melakukan memadamkan kobaran api, Polres Aceh Barat menurunkan puluhan personel dan mobil water canon ke lokasi.

“Telah mendapat laporan dari warga api terus membesar dan mendekati rumah penduduk, langsung kami turunkan water canon untuk pemadaman, 60 personel dan dibantu dua armada kebakaran dari BPBD,” kata AKBP Teuguh Priyambodo Nugroho, Kapolres Aceh Barat yang ikut turun langsung melakukan pemadaman kebaran lahan.

Kompas TV Warga Dirawat Karena Sesak Napas Akibat Kabut Asap
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com