Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Jalan Terganggu Asap Dampak Kebakaran Lahan di Aceh

Kompas.com - 22/07/2017, 11:59 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Kabut asap dampak kebakaran lahan gambut di wilayah Kecamatan Johan Pahlawan dan Samatiga, Aceh, telah menyelimuti ruas jalan Meulaboh-Banda Aceh Aceh, tepatnya di Kawasan Suak Raya.

Pengguna kendaraan, baik roda dua maupun roda empat yang melintas mulai terganggu.

"Pagi ini asapnya sangat tebal. Kemarin pagi berasap juga tapi tidak separah hari ini," kata Nuriana, warga Suak Raya saat mengantar anaknya ke sekolah, Sabtu (22/7/2017).

Menurut Nuriana, asap tebal mengurangi jarak pandang dan mengganggu pernafasan.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat segera melakukan pemadaman api agar asap tidak semakin parah.

Sementara itu, Komunitas Peduli Kesematan Bersama (KPKB) Kabupaten Aceh Barat secara sukarela membagi-bagikan masker penutup mulut kepada pengguna kendaraan saat melintasi kawasan Suak Raya.

Ada 500 masker yang disiapkan.

"Karena persediaan kami terbatas, tadi 500 lembar masker dalam waktu 15 menit sudah habis terbagi," kata Rahmat, Ketua KPKB kepada wartawan usai membagikan masker, Sabtu.

Rahmat berharap pihaknya dapat mengurangi dampak bahaya asap dengan membagikan masker.

"Besok kalau ada persediaan masker akan kami bagikan kembali," ujarnya.

Berdasarkan data yang dirilis Pusdal Ops BPBD Kabupaten Aceh Barat, kebakaran lahan gambut hingga hari ini telah tersebar ke empat Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

Di Kecamatan Sama Tiga, titik api terpantau di Gampong Cot Seumeureng dengan luas lahan yang terbakar 5 hektar; Gampong Suak Pantebreeh dengan luas lahan yang terbakar 5 hektar.

Di Kecamatan Johan Pahlawan, kebarakan terjadi di Gampong Suak Raya dengan luas lahan gambut yang terbakar 10 hektar; Gampong Suak Nie dengan luas lahan yang terbakar sekitar 4 hektar.

Di Kecamatan Mereubo, kebakaran terjadi di Makorem Teuku Umar Gampong Peunaga Cut Ujong dengan luas lahan yang terbakar diperkirakan 5 hektar.

Sedangkan di Kecamatan Arongan Lambalek, lokasi lahan yang terbakar berada di Gampong Seunebok Tengoh dengan luas lahan yang telah terbakar sekitar 15 hentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com