Lima Hektar Lahan Gambut di Sisi Jalan Tol Palindra Terbakar - Kompas.com

Lima Hektar Lahan Gambut di Sisi Jalan Tol Palindra Terbakar

Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria
Kompas.com - 25/07/2017, 22:49 WIB
Dua orang petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ogan Ilir membantu petugas Manggala Agni yang tengah menyemprokan air ke api yang tengah menyalaKOMPAS.com/Amriza Nursatria Dua orang petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ogan Ilir membantu petugas Manggala Agni yang tengah menyemprokan air ke api yang tengah menyala

INDRALAYA, KOMPAS.com - Kebakaran lahan gambut terjadi di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (25/7/2017).

Setidaknya 5 hektar lahan gambut di Desa Sukarame, Kecamatan Pemulutan, yang lokasinya tepat berada sisi jalan tol Palindra yang sedang dibangun, hangus terbakar.

Sebanyak 30 petugas pemadam kebakaran dari Manggala Agni Daops Banyuasin dibantu personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir serta TNI-Polri diterjunkan untuk memadamkan api.

Baca juga: Belasan Hektar Lahan di Pulau Battoa Terbakar

Mereka berjibaku memadamkan api dengan cara menyemprotkan air dengan menggunakan selang.

Berdasarkan pantuan Kompas.com, kebakaran lahan gambut itu cukup besar. Asap tebal sisa kebakaran tampak membumbung tinggi.

Komandan Regu Manggala Agni Daops Banyuasin, Wahyudi mengatakan, lahan yang terbakar hari ini mencapai lima hektar lebih.

Wahyudi menduga, kebakaran itu disengaja karena di sekitar lokasi tidak ada lahan yang terbakar. Menurutnya, api bukan berasal dari rembetan dari kebakaran di tempat lain seperti biasanya terjadi. Api justru berasal dari lokasi yang terbakar.

“Kuat dugaan ada unsur kesengajaan dalam kebakaran hari ini, sebab di sekitar lokasi tidak lahan yang terbakar,” kata Wahyudi.

Baca juga: Puluhan Hektar Lahan Gambut di Ogan Ilir Terbakar

Kompas TV Sebagian wilayah negara bagian California memang saat ini tengah berjibaku menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

PenulisKontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM