Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 5 Guncang Nias pada Malam Takbiran, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 25/06/2017, 06:34 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.comGempa bumi bermagnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (24/6/2017) sekitar pukul 22.34.08 WIB.

Gempa disebut tidak cukup kuat dan tidak berpotensi tsunami. Episentrum terletak pada koordinat 0.55 LU dan 98.11 BT, sekitar 35 kilometer arah tenggara Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

”Dari informasi yang kami himpun, sebagian warga di dekat lokasi merasakan gempa dan berhamburan keluar rumah, namun tak ada informasi kerusakan maupun kerugian berarti,” ucap Djati Cipto Kuncoro, Kepala Stasiun Geofisika Gunungsitoli, Jumat (24/6/20177).

Gempabumi juga dirasakan oleh sejumlah warga di Gido, Kabupaten Nias. Karena Djati berharap, warga tidak mudah meyakini informasi yang belum pasti dan selalu mendapatkan informasi dari BMKG maupun pemerintah Setempat.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Dalam hal ini lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com