Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus 88 Amankan Buku Tabungan dari Rumah Terduga Teroris Jaringan Abu Jandal

Kompas.com - 20/06/2017, 00:08 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Tim Densus 88 Antiteror Polri bersama jajaran Polres Malang melakukan penggeledahan di rumah kontrakan Syahrul Munif (35), terduga teroris jaringan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal, petinggi ISIS asal Indonesia yang dikabarkan sudah meninggal, Senin (19/6/2017).

Rumah kontrakan itu berada di Jalan Wijaya Nomor 11 A Kelurahan Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Tempat pelaku ditangkap sesaat sebelum penggeledahan.

"Kita lakukan penggeledahan. Kita sifatnya back-up dari teman-teman Mabes Polri," kata Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung.

Baca juga: Terduga Teroris Jaringan Abu Jandal Kontrak Rumah untuk Usaha Grosir Baju

Dari hasil penggeledahan itu, Tim Densus 88 mengamankan buku tabungan atas nama pelaku dan dokumen perjalanan pelaku saat ke Suriah pada tahun 2013 hingga 2014 lalu.

"Antara lain buku tabungan. Kemudian dokumen-dokumen yang berkaitan dengan keberangkatannya dan kepulangannya dari Suriah," katanya.

Dikatakan Yade, pelaku berangkat ke Suriah pada tahun 2013. Pelaku berada di negara tersebut sekitar enam bulan dan pada tahun 2014 pelaku kembali ke Indonesia.

Saat berada di Suriah, pelaku pernah tampil dalam video yang berisi ajakan kepada warga Indonesia untuk bergabung bersama pasukan ISIS. Video itu disebar melalui akun YouTube.

"Itu pernah ada di-publish videonya di YouTube. Dia bersama lima orang lainnya pernah berangkat ke sana dan ikut dalam grup Abu Jandal," jelasnya.

Namun demikian, belum diketahui peran pelaku selama berada di Suriah.

"Perannya masih didalami teman-teman Densus," katanya.

Yade juga belum memastikan apakah pelaku pernah terlibat jaringan teror bom yang terjadi di Indonesia.

"Sementara saya masih belum berbicara banyak tentang hal itu ya," katanya.

Baca juga: Terduga Teroris Jaringan Abu Jandal Korban Janji Palsu ISIS

Diketahui, Tim Densus 88 Antiteror Polri mengamankan Syahrul Munif (35), terduga teroris jaringan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal, petinggi ISIS asal Indonesia di sekitar rumah kontrakannya di Jalan Wijaya nomor 11 A, Kelurahan Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Senin (19/6/2017) sekitar pukul 8.30 WIB.

Kompas TV 3 Terduga Teroris Diamankan di Mako Brimob Polda NTB
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com