Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Sebut Pelaku Bom Bandung Pernah Latihan Teroris di Aceh

Kompas.com - 27/02/2017, 15:26 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku sudah mengantongi identitas pelaku bom panci di Bandung. Tito pernah menangkapnya saat latihan teroris di Aceh pada 2011 lalu.

"Dia (pelaku) pernah ikut latihan teroris di Aceh Janto pada 2011, ada 70 orang ditangkap termasuk dia. Waktu itu saya yang pimpin operasinya," kata Tito usai menjadi penguji disertasi Menpan RB, Asman Abnur di Kampus Universitas Airlangga Surabaya, Senin (27/2/2017).

Profil pelaku kata Tito sudah direkam oleh polisi, karena sudah masuk di jaringan peta jaringan teroris, namun Tito masih enggan menyebut nama pelaku.

Baca: Pelaku Bom Bandung Sempat Dikejar Puluhan Anak SMA

"Pelaku tercatat dalam Jamaah Ansharud Daulah Bandung, yang berafiliasi ke Aman Abdurahman (Maman). Setelah ditangkap, dia dihukum 3 tahun penjara," jelasnya.

Benda mirip panci meledak di Taman Pandawa Bandung, depan Kantor Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Senin pagi.

Usai ledakan pembawa peledak langsung berlari ke arah Kantor Kelurahan Arjuna. Petugas Brimob Polda Jawa Barat kemudian melumpuhkan tersangka dengan sejumlah tembakan, setelah negosiasi gagal. Pelaku tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. 

Baca: Pelaku Teror Bom Bandung Tewas dalam Perjalanan ke RS

Kompas TV Di Jakarta, Kadiv Humas Mabes Polri Boy Rafli Amar mengatakan bahwa sebelum mengetahui motif dari para pelaku. Tim kepolisian harus melakukan penyelidikan lebih dalam untuk menambah informasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com