Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trinil Semak hingga Kedidi Ekor Tajam Berdatangan ke Danau Limboto

Kompas.com - 23/01/2017, 11:27 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Sejumlah spesies burung migran mulai berdatangan ke Gorontalo. Burung-burung ini terlihat mencari makan dan beristirahat di persawahan yang digenangi air.

Spesies yang mendominasi adalah jenis trinil semak (Tringa glareola), trinil kaki hijau (Tringa nebularia), trinil pantai (Actitis hypoleucos), dan kedidi ekor tajam (Calidris acuminata).

Yang menarik lainnya adalah terlihatnya seekor burung biru laut ekor blorok (Limosa lapponica) oleh pengamat burung di kawasan ini. Dokumentasi foto burung biru laut ekor blorok merupakan pencatatan pertama jenis ini di Gorontalo.

“Sekarang memang mulai terlihat sejumlah burung migran, terutama burung air,” kata Panji Ahmad Fauzan, staf biodiversitas Burung Indonesia, Senin (23/1/2017).

Burung migran tersebut ditemukan secara berkelompok di sawah-sawah milik yang digenangi air. Genangan yang tidak dalam ini dipenuhi spesies tersebut bersama burung-burung residen, penetap.

Burung penetap yang banyak terlihat adalah kuntul kerbau kecil (Egretta garzetta), kuntul besar (Egretta alba), kuntul kerbau (Bubulcus coromandus), cangak merah (Ardea purpurea), dan itik benjut (Anas gibberifrons).

Burung migran ini tidak selalu dapat disaksikan. Mereka datang pada waktu tertentu, saat bumi di belahan utara memasuki musim dingin. Burung-burung ini mengembara ke arah selatan untuk mencari makan mengembangkan ruang hidup.

“Burung migran yang datang ke Danau Limboto menempati guild carnivore-insectivore, mereka memakan  ikan atau vertebrata lain dalam air dan juga serangga,” jelas Panji Ahmad Fauzan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com