Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau Ada yang Berburu Burung Liar di Danau Limboto Berarti Menantang Kami..."

Kompas.com - 14/11/2016, 09:09 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Kelompok nelayan Danau Limboto, Desa Hutadaa, Kabupaten Gorontalo, berkomitmen memantau perburuan burung liar.

Mereka pun melakukan rapat di pinggir danau dan bersepakat melindungi hidupan satwa liar di Danau Limboto dengan kemampuan mereka, Minggu (13/11/2016).

Mekanisme perlindungan burung liar dilakukan dengan menegur pemburu dan melaporkan  jika ada perburuan liar. Laporan dari masyarakat ini akan diteruskan ke Satuan Polisi Pamong Praja dan Polres Gorontalo.

“Kami turut menjaga Danau Limboto ini dengan kemampuan yang ada. Dengan ini, kami berharap anak cucu kami dapat melihat keindahan danau,” kata Wowiling Habibullah, Kepala Desa Hutadaa, saat menggelar rapat di pinggiran danau.

Indra Dunggio Danau Limboto di Gorontalo saat ini menjadi tujuan wisata yang menarik. Selain menampilkan panorama indah, di danau ini juga menawarkan keanekaragaman hayati yang tinggi berbagai satwa terutama ikan dan burung.
Gerakan masyarakat nelayan Hutadaa ini akan dikembangkan ke desa lainnya yang ada di sekitar Danau Limboto.

“Kalau ada yang berburu burung liar di Danau Limboto berarti menantang kami untuk berkelahi,” ungkap Wowiling Habibullah.

Upaya pelestarian burung liar di Danau Limboto ini didukung oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gorontalo, Burung Indonesia dan Forum Biodiversity Forum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com