Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ingin Kebersihan Jadi Budaya Warga Bandung

Kompas.com - 11/03/2016, 15:49 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tengah merancang sistem agar persoalan kebersihan menjadi budaya di masyarakat. Sebagai upaya nyata, Pemerintah Kota Bandung meluncurkan lomba kebersihan di tingkat kelurahan dengan nama Piala Aditantra.

"Kita kan sedang membuat sistem agar Adipura ini menjadi sebuah rutinitas. Bukan karena Pak Wali-nya bukan karena siapa yang menjadi tokohnya tapi adalah jadi budaya. Oleh karena itu kita mulai dua program yang akan dirutinkan," kata Emil, sapaan akrabnya, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Jumat (11/3/2016).

Emil menuturkan, Piala Aditantra juga memiliki poin penilaian yang sama dengan Piala Adipura, namun dengan skala yang lebih kecil.

"Sehingga kalau ini jadi rutin nanti pas penilaian Adipura kita tinggal memanen hasilnya," ucapnya.

Saat ini, lomba Aditantra telah berlangsung. Pemenangnya, akan diumumkan sebelum penilaian Adipura dilakukan sekitar bulan Juli 2016 mendatang.

"Tim penilainya dari BPLH dan PD Kebersihan. Jadi sebelum Juli kita sudah harus ada pengumuman pemenang untuk kelurahan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com