Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Terinspirasi Ibu dan Istri, Idolakan Menteri Susi

Kompas.com - 08/03/2016, 20:01 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Di balik pria sukses terdapat wanita yang hebat. Peribahasa itu cocok untuk Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Di balik kisah suksesnya memimpin Kota Bandung, Ridwan Kamil didukung dua sosok wanita yang paling berpengaruh dalam hidupnya. Dalam peringatan hari perempuan internasional, Emil, sapaan akrabnya, mengungkapkan dua sosok wanita yang menjadi inspirasi dan panutannya.

"Yang pasti nomor satu, ibu saya yah (Tjutju Sukaesih). Ibu adalah mentor, guru abadi saya. Selesainya kalau beliau sudah berpulang. Jadi selama masih hidup berarti selama itu pula beliau adalah guru dan inspirasi saya," kata Emil di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Selasa (8/3/2016).

Sosok inspiratif yang kedua adalah istrinya, Atalia Praratya. Bagi Emil, istri tak hanya berperan sebagai pasangan, melainkan penyeimbang hidup.

"Kedua adalah istri karena istri itu penyeimbang. Tanpa istri hidup ini kayak layang-layang," ujarnya.

Namun, Emil ternyata punya sosok perempuan yang sangat dikagumi. Dia adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Dia menilai, Susi adalah figur perempuan cerdas, mandiri, dan mau mengabdikan diri untuk masyarakat meski kondisi ekonominya sudah mapan.

"Favorit saya, idola saya sekarang Ibu Susi. Beliau tidak pendidikan tinggi saja sudah keren apalagi pendidikannya tinggi. Beliau mengamalkan apa yang saya amalkan hidupnya bermanfaat, padahal dia sudah kaya raya sudah mandiri tapi dia masih mau membereskan masalah republik ini," ungkap Emil.

Dia berharap, perempuan Indonesia bisa mencontoh prestasi dan motivasi kerja yang dilakukan Susi.

"Saya sering ketemu dan orangnya 'enakeun' (menyenangkan). Bagi saya, para wanita, tirulah Ibu Susi yang baik-baiknya supaya Indonesia lebih hebat," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com