Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Keadilan, Indra Azwan Bertekad Jalan Kaki Dari Aceh Hingga Papua

Kompas.com - 07/02/2016, 21:43 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Indra Azwan kembali melakukan aksi dengan berjalan kaki mengelilingi Indonesia, untuk mencari keadilan terhadap kasus kematian anaknya Rifki Andika, korban tabrak lari 23 tahun lalu.

Kali ini lelaki asal Kota Malang, Jawa Timur itu bertekad memulai aksinya dari Provinsi Aceh Darussalam hingga ke Papua, mulai Selasa (09/02/2016).

"Saat melakukan aksi nanti saya hanya membawa bendera merah putih dan sehelai sepanduk,” kata Indra Azwan saat dihubungi kompas.com, Minggu (07/02/2016)

Menurut dia, perjuangannya untuk mencari keadilan dengan melakukan jalan kaki ini sudah yang ke enam kali. Tapi penyelesaian secara hukum terhadap pelaku yang merupakan anggota Kepolisian Republik Indonesia itu belum ada.

Padahal kasus yang menimpak anaknya sudah dilaporkan sejak 1993 lalu. Kemudian pelakunya baru disidangkan pada 2008 dengan putusan majelis hakim berpendapat kasus Rifki Andika telah kadarluarsa.

“Ini menjadi cerminan bahwa masih sulitnya birokrasi dan administrasi di Pengadilan ketika orang biasa seperti saya berhadapan dengan hukum," tambah dia. 

Indra Azwan menambahkan, sebelumnya dia harus melakukan aksi protes hanya untuk mendapat turunan salinan putusan. Aksi ini juga untuk menagih komitmen pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menyelesaikan kasus kematian putranya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com