Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis Ke-66 UGM Dimeriahkan Ajang Bersepeda Malang-Yogyakarta

Kompas.com - 10/12/2015, 18:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Memeriahkan Dies Natalis ke-66, Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar kegiatan bersepeda jarak jauh (BluXpit) dari Kota Malang, Jawa Timur, menuju Yogyakarta.

Ajang BluXpit ini digelar pada 11-13 Desember 2015.

Ketua panitia BluXpit, Hatma Suryatmojo, mengatakan, ajang ini telah diselenggarakan tiga kali. Pada 2013 digelar dari Surabaya menuju Yogyakarta dan tahun lalu dari Bandung menuju Yogyakarta.

"Kali ini membawa tema “BluXpit Bersinergi Jelajah Bromo-Merapi”. Jarak tempuhnya 366 kilometer dari Kota Malang menuju Yogyakarta," kata Hatma, Kamis (10/12/2015).

Ia mengungkapkan, awalnya kegiatan bersepeda ini digagas oleh komunitas Sepeda Sehat Semua Gadjah Mada dan sivitas akademika yang tergabung dalam Gadjah Mada Gowes.

Menurut dia, jarak tempuh 366 km bukanlah kebetulan. Namun, angka tersebut memiliki arti. Angka 3 mengandung makna 3 kali penyelenggaraan BluXpit, sedangkan angka 66 berarti Dies Natalis UGM.

"Sarana kampanye olahraga sepeda. Memperkenalkan UGM sebagai kampus pesepeda kepada masyarakat luas, khususnya sepanjang jalur Malang-Yogyakarta," dia menegaskan.

BluXpit 2015 ini, lanjut Hatma, berawal dari Alun-alun Kota Malang dan menempuh jalur Malang-Blitar-Kediri-Nganjuk-Ngawi-Solo-Yogyakarta hingga finis di Balairung UGM.

Rencananya, BluXpit 2015 akan dibagi dalam tiga etape, yaitu etape 1 Malang-Nganjuk 155 km, etape 2 Nganjuk-Solo 145 km, dan etape 3 Solo-Yogyakarta 66 km.

"Melibatkan sekitar 150 pesepeda yang terdiri dari sivitas akademika UGM, alumni, mitra, dan masyarakat pesepeda di Indonesia," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com