0
KILAS DAERAH

Kilas Daerah Banyuwangi

Diikuti 1.400 Pebalap, Tour of Kemala 2023 Jadi Ajang Promosi Wisata dan UMKM

Kompas.com - 09/10/2023, 10:28 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi Kabupaten Banyuwangi yang sukses menjadi tuan rumah Tour of Kemala 2023.

“Luar biasa semarak Tour of Kemala. Terima kasih seluruh atlet. Terima kasih Banyuwangi, inspirasi dalam mengembangkan sport tourism, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) itu mengatakan tersebut saat melepas pebalap di Pantai Boom Marina, Banyuwangi, Minggu (8/10/2023).

Ajang balap sepeda nasional yang diselenggarakan Kemala Bhayangkari dan PB ISSI itu menghadirkan 1.400 pebalap serta ribuan kru dan pendamping untuk berlaga pada Sabtu (7/10/2023) hingga Minggu (8/10/2023).

Listyo mengapresiasi pula penyelenggaraan Tour of Kemala Banyuwangi 2023 yang tidak hanya menjadi ajang olahraga sepeda, tetapi juga mempromosikan potensi pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

Baca juga: Tour of Kemala Banyuwangi 2023: Ajang Penjaring Bibit Muda, Gelorakan Pariwisata

Selain menyuguhkan aksi balap sepeda yang menantang dan menarik, Tour of Kemala 2023 juga melibatkan ratusan UMKM di sekitar lokasi acara. 

Ada sekitar 180 booth stan UMKM yang disiapkan panitia untuk memeriahkan acara. 

Para UMKM ini menawarkan berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, fashion, hingga suvenir khas Banyuwangi.

Listyo mengatakan, hal tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Tentara Nasional Indonesia (TNI)-Polri terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan, khususnya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

Dia berharap, acara tersebut dapat meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dan masyarakat serta menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengembangkan sport tourism.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Tour of Kemala 2023. 

Baca juga: Ribuan Orang Ramaikan Tour of Kemala 2023, Bupati Banyuwangi: Berkah Ekonomi bagi Warga

Ia berharap, acara tersebut dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai olahraga dan menjaga kesehatan, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

“Kami sangat bangga dan senang bisa menjadi tuan rumah Tour of Kemala 2023. Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami untuk menyambut para peserta dari berbagai daerah dan negara. Terima kasih kepada Bapak Kapolri dan Ibu Ketua Umum Bhayangkari,” ujarnya. 

Ipuk berharap, Tour of Kemala 2023 dapat memberikan pengalaman berkesan dan bermanfaat bagi semua peserta serta mempromosikan Banyuwangi sebagai destinasi sport tourism yang menarik dan berkualitas.

Adapun para pebalap melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi, seperti Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Banyuwangi yang merupakan bangunan berarsitektur terbaik dunia dalam ajang Aga Khan Award 2022.

Sejumlah selebritas pehobi sepeda juga ikut berlaga, mulai dari Luna Maya hingga Nirina Zubir.

Baca juga: Kemarau Panjang, Pemkab Banyuwangi Minta Petani Hemat Air dan Lapor jika Kekurangan

Turut hadir dalam gelaran itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Asrena Kapolri Wahyu Hadiningrat, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Toni Harmanto, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya Farid Makruf, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB ISSI Parama Nugroho.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com