Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rekahan di Candi Kalasan, Wisatawan Diminta Tak Mendekat

Kompas.com - 27/05/2015, 14:27 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta mengimbau agar wisatawan yang mengunjungi Candi Kalasan tidak mendekat bangunan atau naik ke pelataran. Pasalnya, di bebatuan candi yang terletak di Dusun Kalibening, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, ini ditemukan adanya rekahan.

"Ada kerusakan di Candi Kalasan. Pelapukan batuan, rekahan, serta strukturnya," ujar Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Tri Hartono, Rabu (27/5/2015).

Karena kerusakan itu, Tri mengatakan, pihaknya khawatir akan ada bebatuan yang runtuh ke bawah. Oleh karena itu, pengunjung diminta tidak mendekat dan tidak naik ke atas pelataran candi.

"Batu-batu di atas ada rekahan, jadi pengunjung diharapkan tidak terlalu dekat dengan bangunan candi dan jangan naik ke atas pelataran," tegasnya.

Saat ini, imbuhnya, BPCB Yogyakarta sedang melakukan studi teknis untuk menentukan langkah-langkah penyelamatan. Kemungkinan baru tahun depan bisa dilaksanakan.

"Masih harus melewati studi teknis. Kemungkinan tahun depan baru bisa dilaksanakan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti, mengatakan, seusai studi teknis, anggaran ekskavasi Candi Kalasan baru akan diajukan ke pusat.

"Setelah disimpulkan, total anggaran baru akan diajukan ke pusat," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com